Daging Kurban Sebaiknya Langsung Dikonsumsi

 

TANJUNG REDEB - Makanan beku adalah salah satu pilihan alternatif bagi masyarakat yang dihadang dengan kesibukan pekerjaan. Terlebih, saat Idul Adha, yang tinggal menghitung hari, diprediksi akan banyak yang menyimpan dagingnya untuk dibekukan.

Namun, masyarakat cenderung kurang memperhatikan bagaimana cara memperlakukan makanan yang dibekukan dengan benar, sehingga kadar gizi yang dikandung makanan tersebut juga berkurang.

Ditemui Rabu (30/08/2017), Ahli Gizi Instalasi Gizi RSUD Abdul Rivai, Yuliana Rombe Tasik, mengatakan, untuk penyimpanan daging seharusnya memperhatikan bagaimana bahan makanan tersebut benar-benar beku.

"Karena tidak menutup kemungkinan jika tidak beku sempurna bisa memicu tumbuhnya bakteri yang tidak baik, yang berakibat hilangnya kandungan gizi baik pada daging tersebut, jadi bagusnya kalau daging misalnya, langsung dikonsumsi saja," terangnya kepada beraunews.com.

Selain itu, guna menjaga kandungan bahan makanan beku (frozen food) lainnya semisal buah, sayur dan bahan makanan belum diolah juga, jangan sampai salah dalam menyimpannya, karena jika salah, maka makanan tersebut bisa berubah teksturnya.

“Direkomendasikan untuk menyimpan makanan tersebut minimal 1 sampai 17 derajat celcius guna mencegah tidak berubahnya tekstur, namun bekunya makanan tersebut tidak mengubah nilai gizi yang terkandung,” ungkapnya.

Hal itu semua dijabarkannya mengingat betapa penting menjaga kandungan gizi di bahan makanan yang akan berguna bagi tubuh kita, guna memenuhi standar kecukupan gizi.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia