Penderita Penyakit Tidak Menular Meningkat

 

TANJUNG REDEB-  Gaya hidup tidak sehat yang cukup banyak dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, menjadi faktor meningkatnya penyakit tidak menular di tahun 2017. Penyakit tidak menular tersebut seperti penyakit diabetes, hipertensi, kolestrol, rematik hingga kanker.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Totoh Hermanto, yang menyatakan tingkat penderita penyakit menular saat ini cukup menurun dibandingkan dengan penderita penyakit tidak menular.

“Ya, kalau dari data kesehatan kita, memang saat ini yang justru menurun itu penyakit menular seperti Tuberkulosis atau Influenza, penyakit yang tidak menular yang semakin naik. Salah satu faktornya ya karena gaya hidup masyarakat yang tidak sehat, terutama itu berawal dari makanan,” jelasnya kepada beraunews.com, Jumat (11/08/2017).

Menurutnya, menurunnya jumlah penderita penyakit menular merupakan sebuah keberhasilan dari tenaga medis yang ada dalam menangani dan melakukan pencegahan terhadap penyakit menular, namun justru menjadi kegagalan bagi sebagian masyarakat dalam menjalani pola hidup sehat mereka.

“Bukan karena cuaca. Jenis penyakit tidak menular seperti ini tidak berpengaruh pada cuaca. Tapi apa yang dikonsumsi dan bagaimana pola hidup masyarakat saja. Kalau cuaca, masyarakat saya rasa bisa mengantisipasi duluan. Karena mereka tahu harus bagaimana saat terjadi musim dingin, musim penghujan atau musim kemarau,” katanya.

Dikatakannya, diantara kedua jenis penyakit tersebut, justru yang lebih berat proses penyembuhannya ialah penyakit tidak menular. Sebab penyakit tidak menular tersebut proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kalau yang menular, di beri obat bisa segera sembuh. Tapi yang tidak menular ini, seperti Diabetes, itu kan cukup lama proses penyembuhannya dan bisa lebih berbahaya,” ungkapnya.

Untuk itu, ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Berau untuk dapat mengimplementasikan kembali gerakan hidup sehat dalam sehari-hari.

“Gerakan hidup sehat itu sangat perlu kita tekankan kembali, menjaga pola hidup agar tetap sehat, mejaga pola makan, dan jangan sampai malah meninggalkan penyakit dalam tubuh,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia