Hari Donor Darah Sedunia, Stok Darah Malah Kian Menipis

 

TANJUNG REDEB – Tanggal 14 Juni diperingati sebagai hari donor darah sedunia. Dengan momen ini, diharapkan masyarakat bisa membantu stok darah di PMI Berau yang saat ini kian menipis. Apalagi diketahui permohonan bantuan darah segar sering terjadi.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI, Halijah Yasin melalu Pj laboratorium Edy Erwansyah mengatakan, jika stok yang ada saat ini memang tergolong menipis namun masih dalam kondisi aman. Namun, momen bulan Ramadan seperti ini, tak sedikit pendonor yang libur untuk berdonor, dan kondisi ini sedikit mengkhawatirkan, jika sewaktu-waktu ada permohonan darah, namun stok golongan tertentu tidak ada.
 
Berdasarkan pendataan stok darah di PMI hingga Selasa (13/06/2017) kemarin sebanyak 18 kantong untuk golongan darah A, 9 kantong untuk golongan darah B, 8 kantong golongan darah O, dan 4 kantong golongan darah AB.

"Selama bulan puasa warga yang melakukan donor darah cukup menurun dibandingkan hari biasa. Tapi itu wajar mungkin karena sedang berpuasa, tetapi bisa saja datang malam hari beberapa jam setelah berbuka puasa atau saat kondisi sudah normal," ungkapnya kepada beraunews.com.

Yang sering terjadi saat ini, untuk kebutuhan darah segar sering dilakukan dengan cara mencari pendonor sesuai dengan golongan darah yang membutuhkan, dan itu biasanya dilakukan oleh kerabat atau teman si penerima. Dan sisanya donor dari masyarakat lain.

“Melalui informasi via jejaring sosial biasanya ada saja yang datang mendonorkan darahnya. Tapi sebelum donor jelas akan diperiksa dulu, apakah memungkinkan untuk orang tersebut donor atau tidak,” katanya.

"Harapannya, dalam peringatan hari donor sedunia yang jatuh pada 14 Juni 2017 ini, dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Berau untuk datang menyumbangkan darah, memanfatkan momen hari donor sedunia, karena meskipun masih aman tetapi stok kami menipis saat ini, dan kami khawatir stok di golongan tertentu juga akan segera habis,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia