Pendonor Menurun di Bulan Puasa, Stok Darah di PMI Masih Aman

 

TANJUNG REDEB – Mendekati Idul Fitri, persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI aman. Akan tetapi, ada beberapa golongan darah yang memang mulai menipis, itu terbukti dengan menurunnya jumlah pendonor di masa bulan puasa, yang cenderung berkurang.

Meski demikian, teknisi UTD PMI Berau, Sari Mastika saat ditemui beraunews.com, Kamis (08/06/2017) mengatakan, untuk ketersediaan darah selama bulan puasa hingga lebaran dinilai bisa mencukupi permintaan darah, bahkan jika ada pasien yang membutuhkannya sesegera mungkin.

”Untuk itu kami juga mengimbau kepada para pendonor yang mau mendonorkan darah, untuk bisa langsung ke PMI,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kebisaan pendonor melakukan donor darahnya ketika sedang berpuasa, Sari menjelaskan, untuk tahapan melakukan donor jika sedang berpuasa itu bisa saja, asal sudah memenuhi syarat dan waktu donornya harus jam 12 siang ke bawah.

 

Selain itu pihak UTD PMI Berau jika menghadapi lebaran 2017, akan berusaha menjaga kualitas darah yang akan didistribusikan kepada pasien, dengan cara menguji darah dari penyakit-penyakit yang menular, seperti HIV/AIDS.

“Sesuai dengan prosedur kami, jika ada darah yang baru didonorkan maka kami akan membawa ke laboratorium, dan di laboratorium kami akan menyeleksi dari kontaminasi penyakit menular,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia