Berpuasa Dapat Sembuhkan Penyakit Pencernaan? Ini Kata Dinkes

 

TANJUNG REDEB – Bulan Ramadan merupakan bulan bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa, yakni termasuk menahan lapar dan haus dari subuh hingga menjelang magrib.

Adapun manfaat berpuasa selain mendapatkan pahala, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Berau, Totoh Hermanto, ialah dapat melancarkan metabolisme tubuh dan menyembuhkan penyakit maag bagi penderitanya.

Menurutnya, banyak masyarakat yang masih keliru dengan hal tersebut. Banyak yang masih menyangka, berpuasa dapat menimbulkan penyakit maag atau gangguan pada sistem pencernaan dan lambung. Padahal, dalam dunia kesehatan, faktanya dengan berpuasa dikatakannya justru menjadi jalan bagi penderita maag untuk menyembuhkan penyakitnya.

“Dengan berpuasa, justru lambung kita jadi jauh lebih sehat. Sebab saat berpuasa itu makan kita jadi lebih teratur,” katanya kepada beraunews.com, Senin (29/05/2017).

Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan menjauhkan dari penyakit saat berpuasa, ada hal yang lebih penting yang harus diperhatikan. Diantaranya konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

“Terutama yang paling harus diingat makan lebih banyak sayur dan buah, hindari makanan yang berlemak, termasuk aktivitas olahraga juga harus tetap dilakukan, tapi jangan berlebihan,” jelasnya.

Selain itu, bagi penderita maag maupun yang tidak, ia juga menyarankan untuk dapat berbuka puasa dengan sedikit makanan. Sebab jika lambung langsung diisi dengan banyak makanan akan lebih sulit untuk beradaptasi.

“Saat berbuka itu paling bagusnya konsumsi kurma dulu. Kalau langsung konsumsi makanan berat dan banyak, itu yang menyebabkan gangguan pada pencernaan. Dan fatal dampaknya bagi kesehatan,” imbuhnya.

Perbanyak minum air putih, dikatakannya juga menjadi salah satu cara agar berpuasa dapat lancar hingga hari terakhir.

“Jangan lupa minum air putih 1 gelas saat berbuka, 1 gelas setelah berbuka, 1 gelas sebelum salat, 1 gelas menjelang tidur, 1 gelas sebelum makan sahur dan 1 gelas setelah makan sahur. Penyakit pencernaan akan hilang, puasa akan lancar dan ibadah menjadi lebih baik,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia