Setiap Karyawan Berhak Atas BPJS, Perusahaan Wajib Mendaftarkan

 

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Munawar Halil, mengingatkan kepada seluruh perusahaan untuk memperhatikan kesejahteraan sosial karyawannya.

Salah satunya dengan memastikan seluruh karyawannya terdaftar pada Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS). Hal itu disampaikan saat menghadiri sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Berau, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, perusahaan yang sudah masuk dalam kategori skala sedang dan besar, harus mendaftarkan para karyawannya ke BPJS demi terpenuhinya hak-hak para karyawan.

"Seluruh perusahaan memang wajib untuk mendaftarkan karyawannya, terlebih apabila karyawan sudah berstatus sebagai karyawan tetap ataupun kontrak," ungkapnya.

Namun, dikatakannya jika sebuah perusahaan tersebut masih tergolong perusahaan skala kecil atau bahkan baru berdiri, hal tersebut dikembalikan kepada pihak perusahaan apakah mendaftarkan karyawannya atau tidak.

"Kalau perusahaannya misalnya cuma punya karyawan satu atau dua orang karena masih baru, maka itu tidak begitu wajib. Meskipun sebenarnya ini bukan perkara wajib apa tidak, tapi kesadaran setiap perusahaan untuk mengurangi bebannya terhadap karyawan andaikata terjadi sesuatu pada karyawan di saat bekerja," jelasnya.

Namun ia berharap, apapun kondisinya perusahaan tetap memperhatikan hal tersebut, selain demi kesejahteraan karyawan juga meringankan perusahaan dan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24/2011 tentang BPJS.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia