HUT ke-43 PPNI, Tumbuhkan Pola Hidup Bersih dan Sehat Melalui Gerakan Cuci Tangan Se-Indonesia

 

TANJUNG REDEB – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang jatuh pada 17 Maret mendatang, DPD PPNI berau, melaksanakan donor darah masal di Unit Palang Merah Indonesia (PMI).

Donor darah masal yang dilaksanakan pada Sabtu (11/03/2017), diikuti puluhan perawat serta masyarakat umum dengan mengusung tema 'Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat'. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian menyambut HUT PPNI. Sebab, kegiatan puncak akan dilaksanakan tepat pada 17 Maret mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD PPNI Berau, Mulkin, kepada beraunews.com. Dikatakannya, kegiatan puncak HUT PPNI tersebut akan dilaksanakan di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah, yang akan melibatkan ratusan pelajar SD dan masyarakat dalam gerakan pemecahan rekor mencuci tangan se-Indonesia.

"Yang dilakukan hari ini hanya sebatas pembukaan acara dan donor darah saja. Sebab untuk acara puncak kita akan lakukan di luar Tanjung Redeb. Nanti seluruh Indonesia juga akan sama agendanya, yakni cuci tangan bersama yang melibatkan banyak pelajar," katanya.

Selain kegiatan puncak tersebut, sebelumnya juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial di Pulau Besing, Kecamatan Gunung Tabur.

"Tanggal 11 Maret, kami juga akan adakan kegiatan serupa untuk masyarakat di Pulau Besing. Hal ini kami lakukan semata-mata untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya mencegaha penyakit dari pada mengobati, jadi dengan cara-cara ini salah satunya," ungkapnya.

 


Selain sebagai ajang silaturahmi seluruh perawat, ia berharap melalui rangkaian kegiatan tersebut juga dapat tercipta pola pikir masyarakat agar hidup sehat dan lebih mengutamakan tindakan preventif daripada kuratif.

Sementara itu, Dewan Pertimbangan DPD PPNI Berau, Liliansyah, mengharapkan apa yang dilakukan PPNI untuk mengedukasi masyarakat terkait pola hidup bersih jangan hanya sebatas seremonial saja. Namun juga harus terus dilakukan setiap hari untuk mencapai tujuan pola hidup bersih dan sehat.

"Jadi, di HUT PPNI yang tidak lagi muda ini, banyak yang harus diselesaikan. Tugas kita sebagai perawat tentunya tidak lepas dari masyarakat. Perlu adanya kesinambungan dalam melakukan hal-hal baik seperti ini, jangan sampai hanya dilakukan pada peringatan HUT saja, tapi setelah itu tidak lagi digencarkan pada masyarakat. Seperti halnya mencuci tangan sebelum makan, gosok gigi sebelum tidur dan hal lain yang dianggap sepele namun penuh sangat menentukan kesehatan kita," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia