Setahun Lebih, Pustu RT 6 Kampung Tasuk Nihil Penghuni dan Pelayanan

 

GUNUNG TABUR – Warga RT 6 Kampung Tasuk Kecamatan Gunung Tabur, mengaku kesal dengan sikap bidan dari puskesmas kecamatan yang seharusnya bertugas di RT mereka. Selama ini, bidan yang semestinya melayani warga RT 6 itu, tidak pernah ada di Puskesmas Pembantu (Pustu).

Ketua RT 6 Kampung Tasuk Victor Paulus Belly, membenarkan hal tersebut. Dikatakanya, bidan yang semestinya bertugas di wilayahnya sejak satu tahun lalu sudah tidak pernah hadir, padahal warga sangat membutuhkan. Akibatnya, ketika ada warga yang sakit dan memerlukan pelayanan medis, terpaksa dilakukan perawatan seadanya.

“RT 6 ini jaraknya dari kampung sekitar 21 kilometer, makanya di sini disiapkan Pustu dan bidan sendiri. Tetapi sudah mau setahun bidannya tidak pernah turun, hanya standby puskesmas di kecamatan saja. Pernah turun waktu pertama dapat SK, nah dulu belum ada Pustu dia pulang pergi sebulan sekali, tapi begitu Pustu jadi malah tidak pernah turun,” ujarnya.

Akibatnya, Pustu yang seyogyanya dibangun untuk tempat pelayanan kesehatan masyarakat, mangkrak tak terawat. Hal ini juga membuat masyarakat RT 6 Kampung Tasuk lebih memilih ke puskesmas Teluk Bayur yang aksesnya lebih dekat, guna mendapatkan perawatan medis.

“RT kami ke pusat kampung saja sudah lumayan jauh, jadi ketika ada warga saya yang sakit dan harus dibawa ke pusat kesehatan, terpaksa kami bawa ke puskesmas Teluk Bayur karena lebih dekat, cukup 5 menit menyebrang sungai, sedangkan kalau kami bawa ke Gunung Tabur, terlalu jauh,” imbuhnya.

Melihat kondisi tersebut, ia berharap kepada pihak terkait untuk dapat lebih memperhatikan setiap petugasnya di lapangan.

“Saya tahunya SK dia ditempatkan di sini, tapi kalau tidak pernah hadir begini bukan kami saja yang dirugikan, pemerintah juga. Mohon ditindak tegas itu,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia