Ini Sebab Orang Sering Kena Stroke Di Kamar Mandi

 

BATU PUTIH – Mandi merupakan salah satu aktivitas rutin setiap pagi dan sore hari. Namun siapa sangka, mandi dengan pola tidak sehat, bukannya menyegarkan badan malah dapat berbuntut petaka. Sungguh hal yang tidak diinginkan siapapun.

Mungkin banyak masyarakat Kabupaten Berau belum tahu kalau mandi juga punya tata cara yang benar. Tidak seperti yang terjadi selama ini, ambil gayung tanpa pikir panjang langsung "byuurr" ke sekujur tubuh. Ternyata cara seperti itu salah. Hal ini juga dianggap berhubungan erat terhadap banyaknya orang jatuh dan kena stroke di dalam kamar mandi, dan mengapa tidak ditempat lain?. 

Seperti disampaikan oleh akun bernama Andi Noramanda melalui media sosial Facebook. Ia menyampaikan, betapa pentingnya mandi dengan cara yang benar agar terhindar berbagai jenis penyakit.

Saat dirinya mengikuti kursus gaya hidup sehat beberapa waktu lalu, seorang pakar dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia menyarankan, agar saat mandi usahakan tidak membasahkan atau menyiram kepala terlebih dahulu. Sebab, apabila kepala basah dan dingin, maka semua darah akan mengalir ke kepala untuk memanaskan kepala.

"Logika warm blooded human (manusia berdarah panas-red) dan jika ada saluran darah sempit, maka dapat terjadi kondisi saluran darah pecah. Ini kerap kali berlaku di kamar mandi," ungkapnya.

Untuk mandi dengan cara yang benar dikatakannya sangat mudah, yakni siramkan air di telapak kaki, kemudian dilanjutkan masing-masing satu gayung pada betis, perut dan bahu.

Setelah melakukan cara tersebut, berhentilah sejenak 5-10 detik, kemudian rasakan apa yang terjadi. Jangan kaget jika ada uap, atau angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang. Jika sudah merasakan hal tersebut, lanjutkan dengan mandi seperti biasanya.

"Logikanya, seperti pada gelas kaca yang diisi air panas dengan air dingin, sudah bisa ditebak, apa yang akan terjadi. Gelas akan retak. Jika tubuh kita apa yang retak? Suhu tubuh kita cenderung panas dan air itu dingin, maka yang terjadi jika kita mandi langsung menyiram pada badan atau kepala, angin yang harusnya keluar jadi terperangkap dan dapat membawa maut karena pecahnya pembuluh darah," terangnya.

Jadi tidak perlu kaget jika kita sering menjumpai orang jatuh di kamar mandi tiba-tiba kena 'stroke'. Boleh jadi, orang tersebut sering masuk angin kerana cara mandi yang salah. Tidak itu saja, cara mandi yang salah juga dapat menyebabkan migrain.

"Cara mandi ini baik bagi semua jenis umur, pria maupun wanita. Terutama mereka yang mempunyai sakit diabetes, darah tinggi, kolesterol dan migrain atau sakit kepala sebelah," tandasnya.

Bagaimana, masih ingin mandi dengan cara lama, atau merubah cara mandi dengan pola yang benar, dan sehat.(Hendra Irawan)