Ini Manfaat Donor Darah

TANJUNG REDEB – Ternyata banyak orang yang belum mengetahui kalau donor darah secara rutin itu banyak manfaatnya. Bukan hanya yang menerima donor tapi juga yang mendonorkan pun mendapatkan banyak manfaatnya.

Sering ada yang mendonorkan darah secara rutin karena mereka sudah mengetahui manfaatnya buat kesehatan. Mendonorkan darah bisa mengupayakan kita untuk hidup sehat, dan peduli terhadap sesama yang membutuhkan.

Banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang bisa kita dapat jadi pendonor darah yang rutin diantaranya melindungi jantung, mencegah terjadinya stroke, meningkatkan sel darah merah, menurunkan berat badan, memperbarui sel darah baru, menurunkan resiko kanker, pikiran menjadi lebih stabil, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolestrol, mencegah resiko terkena penyakit langka, dan meningkatkan kesehatan psikologis. Setidaknya hal tersebut telah terbukti secara medis dan disetujui oleh banyak ahli.

Menyadari banyaknya manfaat donor darah, setiap hari belasan orang terlihat mengantri untuk melakukan donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau. Selain menyadari manfaat donor darah, para pendonor juga ada yang mendonorkan darahnya untuk membantu pasien rumah sakit yang kekurangan darah saat atau usai menjalani operasi.

Seperti yang dilakukan Dani Pristian. Meski awalnya sempat merasa takut, namun kini donor darah menjadi salah satu kegiatan rutinnya setiap 3 bulan sekali. Kegiatan donor darah tersebut dilakukannya setelah mengetahui banyak manfaat yang diperoleh bagi pendonor yang rutin melakukannya.

“Kali ini saya donor bersama teman-teman komunitas. Kalau sebagian dari teman-teman memang baru pertama, tapi kalau saya rutin. Bukan hanya langsung ke PMI, kalau ada acara donor darah massal saya pasti ikut. Semua demi kesehatan saya dan kepentingan orang banyak,” ungkapnya saat berbincang bersama beraunews.com usai melakukan donor darah, Senin (5/9/2016).

Sementara, berdasarkan data dari PMI Berau, saat ini stok darah di PMI tergolong aman. Hal tersebut merupakan manfaat dari banyaknya kegiatan donor darah massal di bulan Agustus yang dilakukan kalangan pelajar, organisasi kepemudaan, aparat keamanan, perusahaan swasta hingga Satuan Perangkat Kerja Daerah.

“Kalau sampai sekarang stok darah aman. Tapi kebutuhan darah ini kan tidak bisa ditebak, kadang stok banyak bahkan kadang kekurangan. Jadi kami harap partisipasi warga untuk mendonorkan darah lebih ditingkatkan, demi kepentingan pasien dan kesehatan si pendonor,” pungkas Kepala Sekretariat Laboratorium PMI Etha Setiawan.(M.S. Zuhrie)