Pengalaman Deo, Pelajar SMA 4 Berau Bentangkan Bendera di Istana Negara

 

TANJUNG REDEB- Bagi masyarakat Berau yang menonton siaran televisi upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia di Istana Negara, 17 Agustus 2017 lalu, tentu merasakan kebanggaan saat melihat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Ya, benar. Salah satu putra daerah terbaik Alfares Deo Simangunsong, turut serta dalam barisan Paskibraka, dan yang lebih istimewanya, pelajar kelas X MIA III SMA 4 Berau tersebut dipercaya pada posisi pembentang bendera pada upacara penurunan.

Akrab disapa Deo, anak dari Anggota Komisi III DPRD Berau, Rudi P Simangunsong ini sukses melaksanakan tugasnya bersama dengan Mohamad Alfin Abas sebagai Komandan kelompok 8 dari Provinsi Gorontalo, Muhammad Wildan sebagai penarik bendera dari Provinsi Jawa Timur, dan Ruth Cheline Eglesya Purba sebagai pembawa bendera dari Provinsi Sumatera Utara.

Diakui pelajar yang tinggal di Jalan Murjani II, Komplek Asri Mandiri, Tanjung Redeb tersebut, dirinya sangat tidak menyangka dapat lolos mewakili Provinsi Kaltim, dalam pengibaran bendera merah putih di Istana Negara, apalagi mengibarkan sang saka tersebut dihadapan Presiden RI, pejabat negara, serta jutaan masyarakat Indonesia.

“Saya tidak pernah kepikiran sama sekali bisa ikut serta dalam Paskibraka Nasional tahun ini. Sangat tidak menyangka. Meskipun ikut Latihan Keterampilan Latihan Baris Berbaris (LKBB) di sekolah, tapi tidak pernah kepikiran bisa ikut Paskibraka sampai ke Nasional,” ujarnya kepada beraunews.com, Sabtu (19/08/2017)

Menjadi sebuah kebanggaan baginya dapat membawa nama Berau hingga ke kancah Nasional dalam bentuk prestasi yang tidak akan terlupakan. Dari sekian ribu pelajar, dirinya terpilih mewakili Provinsi Kaltim, yang tentunya melewati berbagai macam tes, mulai dari tes wawancara hingga tes kesehatan fisik.

“Saya bangga dapat menjadi bagian dari Paskibraka. Apalagi saat memegang bendera, ada rasa haru yang sangat mendalam di hati saya. Semoga apa yang saya lakukan ini dapat menjadi inspirasi dan tentunya motivasi bagi diri sendiri, kawan-kawan dan pelajar lainnya,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia