Ramadhan, Polres Perketat Pengawasan Kawasan Ramai

TANJUNG REDEB – Memasuki bulan suci Ramadhan, antisipasi tindak kriminjal seperti pencurian, perampokan terus dilakukan Polres Berau. Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan, yakni memperketat pengawasan di tempat-tempat ramai, seperti di perbankan saat nasabah mengambil uang, masjid saat jamaah terawih dan pasar Ramadhan.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Wakapolres, Kompol Agus Siswanto mengatakan, tindak kriminal jelang bulan suci Ramadhan tidak menutup kemungkinan semakin bertambah. Namun, Polres Berau sudah mengantisipasi hal ini dengan memperketat pengawasan di kawasan ramai nantinya.

“Kita akan melakukan pengawasan lebih maksimal selama bulan suci Ramadhan. Karena tak menutup kemungkinan oknum-oknum yang berniat jahat berkeliaran dan memanfaatkan kesempatan yang ada,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Untuk pengawasan di perbankan, Agus meminta agar nasabah yang mengambil uang dalam jumlah besar untuk meminta pengawalan kepada personel Polres Berau yang bertugas di area itu. Hal ini demi keamanan nasabah saat membawa uang sampai ke rumah.

“Kalau bawa atau mengambil uang dalam jumlah besar, silahkan meminta pengawalan kepada personel kita di bank tersebut dan kita pastikan itu gratis,” tambahnya.

Selain itu, personel Polres Berau juga akan rutin melakukan patroli wilayah, khususnya di daerah-daerah yang ramai dikunjungi masyarakat. Seperti halnya, pasar Ramadhan ataupun masjid yang menjadi wadah masyarakat melaksanakan ibadah sholat tarawih.

“Kita pasti rutin lakukan patroli di wilayah yang banyak dikunjungi masyarakat, seperti pasar Ramadhan saat warga hendak membeli menu buka puasa atau pun masjid saat masyarakat menjalankan ibadah sholat tarawih,” bebernya.

Agus mengimbau agar saat bepergian, masyarakat tak menggunakan perhiasan mencolok yang dapat mengundang niat jahat seseorang. Pasalnya, kejahatan terjadi karena ada kesempatan, maka tutup kesempatan atau kemungkinan seseorang melakukan kejahatan dengan tidak memancingnya.

“Jangan gunakan perhiasan yang mencolok, dan upayakan selalu perhatikan keamanan baik diri, barang bawaan maupun kendaraan,” pungkasnya.(dws)