Kepolisian dan Kejaksaan Dukung Kebijakan Diskresi Bupati

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram menyambut baik dukungan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo kepada seluruh Kepala Daerah untuk melakukan inovasi dan diskresi.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan adanya jaminan Undang-Undang (UU) Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah dan UU Nomor 30/2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Kini dukungan serupa juga datang dari kepolisian dan kejaksaan selaku lembaga hukum.

Dalam pernyataannya beberapa waktu lalu, Mendagri mengungkapkan setiap kebijakan yang diambil dengan diskresi oleh Kepala Daerah tidak bisa dipidanakan. Hal itu dibenarkan Kapolres Berau, AKBP Handoko. Ia mengatakan, pemerintah mengizinkan bagi Kepala Daerah untuk mengambil keputusan terutama terkait penyerapan anggaran pembangunan infrastruktur daerah.

“Ya, itu memang benar. Polri maupun kejaksaan sepakat dan mendukung kebijaksanaan tersebut selama hal itu untuk kepentingan masyarakat,” tutupnya singkat kepada beraunews.com, Sabtu (20/8/2016).

BACA JUGA : Sambut Dukungan Mendagri, Bupati Berau Bakal Lakukan Diskresi

Beberapa waktu lalu melalui beraunews.com Muharram menyatakan dirinya siap melakukan inovasi dan berkreasi dalam melakukan pembangunan di daerah Berau. Jika ada kebijakan dari Pusat maupun Provinsi yang dinilai tidak sinkron dengan kondisi daerah maka kebijakan tersebut bisa diubah sesuai dengan yang dibutuhkan daerah tersebut.(mta)