Anak Di Bawah Umur Bebas Berkendara, Polsek Talisayan Akan Gelar Razia

TALISAYAN – Pembiaran orang tua terhadap anak yang masih di bawah umur dalam berkendara, ternyata juga menjadi perhatian jajaran Polsek Talisayan. Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid mengakui, jika aktivitas anak di bawah umur dalam berkendara kerap kali membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Bahkan, terkait hal tersebut, pihaknya juga selalu mengingatkan kepada masyarakat diberbagai pertemuan yang diikutinya agar orang tua dapat memberikan pengawasan kepada anak saat membawa kendaraan. Tidak itu saja, pihaknya juga menyasar sejumlah sekolah yang berada di wilayah hukumnya, untuk diberikan sosialisasi terkait bahaya anak di bawah umur dalam berkendara.

“Kami sudah ingatkan kepada seluruh warga Talisayan dan sekitarnya, agar jangan membolehkan anak di bawah umur membawa motor,” ujarnya kepada beraunews.com, Jum’at (19/8/2016).

BACA JUGA : Membahayakan, Anak Di Bawah Umur Bebas Berkendara

Berdasarkan pantauannya di lapangan, tidak sedikit anak-anak di bawah umur saat membawa motor terlihat ugal-ugalan. Kondisi tersebut tentu saja tak hanya membahayakan dirinya sendiri, melainkan juga mengancam keselamatan pengendara lain. Hal itu dikarenakan, selain sifatnya yang masih labil, juga cenderung ingin terlihat gaya dan gaul dihadapan teman-teman sebayanya.

“Ini yang bahaya. Ketika ada keinginan anak seperti ini, kemudian dari orang tua ada pembiaran, ini jelas berakibat tidak baik,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, ia menyarankan, jika si anak ingin pergi ke suatu tempat atau pergi ke sekolah alangkah baiknya diantar oleh orang tua. Hal itu demi menjaga keselamatan anak dalam berkendara. Disamping itu, pihaknya dalam waktu dekat ini akan kembali menggelar razia kendaraan. Itu dilakukan demi meminimalisir banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah Talisayan dan sekitarnya.

“Kita akan lakukan razia kembali, kapan itu kita tidak bisa sampaikan. Yang jelas, apabila dalam razia kita dapati anak di bawah umur memakai kendaraan langsung kita amankan,” pungkasnya.(hir)