Terkendala Listrik, Curi Panel Surya PJU

TANJUNG REDEB – Kasus hilangnya baterai dan panel surya (solar cell) Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) milik Pemkab yang berada di beberapa titik di sepanjang Jalan Poros Gunung Tabur-Tanjung Batu, menemui titik terang. Salah seorang warga pun telah ditetapkan sebagai tersangka...

Kapolsek Tanjung Batu, Iptu Noordhianto yang dikonfirmasi berunews.com mengatakan, salah seorang warga yang tinggal disekitar lokasi PJU-TS yang hilang di sekitar Kampung Kasai telah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini telah berada di Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb.

“Untuk tersangka sudah ada, kami titipkan di Rutan Tanjung Redeb. Tersangka sendiri merupakan warga sekitar Kampung Kasai, yang sehari-hari tidak tetap pekerjaannya,” ujarnya, Rabu (10/8/2016).

BACA JUGA : Masih Minim, Panel Surya Lampu Jalan Malah Dicuri

Tersangka dalam melakukan aksinya, ditambahkan Noordhianto, dibantu oleh dua orang rekannya, yang saat ini telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) di wilayah hukum Polres Berau.

“Dia ini dibantu orang lain. Artinya, ketika diambil dan diamankan dirumahnya, dia bersama teman-temannya tapi masih DPO. Ada dua orang yang masih DPO,” tambahnya.

Baterai dan panel surya yang diamankan dari tersangka itu, dijelaskan Noordhianto, baru berasal dari satu Tempat Kejadian Perkara (TKP). Berdasarkan laporan, setidaknya masih ada 6 lokasi PJU-TS tersebut yang kehilangan baterai dan panel surya.

“Dia itu tidak otomatis dalam satu waktu mengambilnya. Kalau menurut keterangan yang kita amankan, inikan hanya satu titik, satu lokasi. Untuk lokasi lain, pengembangan kita itu sementara kepada yang masih DPO ini,” jelasnya.

Menurut keterangan dari tersangka, baterai dan panel surya tersebut akan digunakan sendiri sebagai penerangan rumah. Namun, akibat aksinya itu, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana kurungan di atas lima tahun.

“Untuk dipakai sendiri. Tahu sendirikan, situasi disini kalau pakai genset terbatas, kalau solar cell kan tidak,” pungkasnya.(sai)