Serahkan Senpi Rakitan Tak Akan Diproses

TALISAYAN – Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid meminta kepada masyarakat Kecamatan Talisayan dan Biatan yang memiliki senjata api (senpi) rakitan agar segera menyerahkan ke aparat keamanan. Ia menduga, saat ini masih banyak warga yang masih menyimpannya.

“Kita imbau kepada masyarakat Kecamatan Biatan dan Talisayan dapat menyerahkan senpi mereka sebelum kita lakukan razia,” ungkapnya pada beraunews.com, Selasa (9/8/2016)

Saat ini dikatakannya, pihaknya sudah mengamankan sekitar 20 pucuk senpi illegal yang secara langsung diserahkan oleh pemilik masing-masing. Senpi sendiri, dikatakannya kebanyakan didapatkan warga dari Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara.

Disampaikannya, siapapun yang menyerahkan senpi, ia berjanji tidak akan memproses pemiliknya. Bahkan, pihaknya mengapresiasi keberanian warga terebut jika dengan suka rela menyerahkan senpinya.

“Kita janji tidak akan proses, malah kita apresiasi. Belum lama ini sudah ada lagi yang menyerahkan senpinya kepada kami dan memang tidak diproses,” ujarnya.

Faisal menambahkan, puluhan pucuk senpi tersebut dalam waktu dekat akan segera dibawa ke Polres Berau untuk segera dimusnahkan. Rencana pemusnahan tersebut akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus mendatang. Untuk itu dirinya berharap kerjasama masyarakat agar segera menyerahkan senpi mereka sebelum tenggat waktu habis.

“Kita harap secepatnya diserahkan, jangan sampai kita lakukan razia ada warga yang masih memiliki senpi. Itu akan kita proses sesuai dengan hukum, pemilik senpi diancam penjara 12 tahun karena telah melanggar undang-undang darurat,” jelasnya.

Selain senpi, peredaran narkoba di Talisayan juga menjadi pusat perhatiannya. Apalagi, sejak awal tahun hingga sekarang setidaknya polisi sudah mengamankan kurang lebih 20 pengedar narkoba. Jumlah itu dikatakannya cukup fantastis.

“Kita meminta semua elemen masyarakat jika menemukan hal yang mencurigakan terkait narkoba segera laporkan. Kita akan tindaklanjuti siapapun pelakunya,” tegasnya.(hir)