Kendaraan Keluaran 2015 Bisa Ambil Plat Di Samsat

TANJUNG REDEB – Bahan untuk membuat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) kendaraan di Samsat Berau mengalami kekosongan. Kosongnya ini sudah terjadi sejak lama. Bahkan ada yang mengatakan sejak tahun 2015 lalu.

Kondisi tersebut membuat para pemohon kendaraan terpaksa memakai plat nomor asli tapi palsu (aspal) atau bahkan menggunakan plat lama, lantaran harus menunggu untuk mendapatkan plat nomor yang asli dari kepolisian.

Salah seorang pemohon, Wiwin (37) mengaku, dirinya membeli motor baru sejak tahun 2015 lalu. Namun, hingga kini plat nomornya belum juga keluar. Dirinya juga sudah menanyakan hal tersebut ke pihak terkait. Namun, kabar dari Samsat mengatakan, bahan untuk membuat plat nomor tersebut sedang kosong.

"Mau bagaimana lagi. Terpaksa pakai plat dealer yang kualitasnya buruk ini," ujarnya.

Dia mengaku, pihaknya mendapat kabar kondisi seperti ini tak hanya terjadi di Berau, melainkan hampir di semua Kantor Samsat se-Indonesia. Dia pun berharap, persoalan ini tak berlangsung lama. Karena TNKB alias plat nomor kendaraan merupakan hak kita selaku pemilik kendaraan.

Dihubungi terpisah terkait keluhan masyarakat itu, Kasat Lantas Polres Berau, AKP Nur Kholis mengatakan plat nomor untuk kendaraan yang dikeluarkan dealer di tahun 2015 sudah bisa diambil di Samsat Berau. Beberapa bulan lalu, stok plat sebenarnya sudah ada namun warga masih banyak yang belum mengambil.

“Untuk plat nomor sudah ada untuk motor atau mobil yang dikeluarkan dealer tahun 2015. Warga bisa mengambilnya ke Samsat,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Nur Kholis menambahkan, untuk pembelian kendaraan periode Januari 2016 hingga saat ini, diakuinya plat nomor memang belum tersedia. Pasalnya, pihaknya juga masih menunggu stok plat nomor kendaraan yang dikirim dari pusat.

“Kalau untuk yang tahun 2016 ini belum ada. Jika memang nanti sudah ada plat nomor kendaraan untuk tahun 2016 ini, maka akan kami sampaikan baik kepada pemilik maupun melalui media-media,” pungkasnya.(dws)