Polsek Ajak Anak Sekolah Perang

BIATAN – Mencegah kenakalan remaja dari berbagai tingkatan, perlu upaya sedini mungkin untuk memberikan pemahaman. Termasuk dalam upaya pencegahan terlibatnya anak-anak dalam lingkaran narkoba. Dalam melakukan pencegahan terjadinya kenakalan remaja dikalangan pelajar, personel Polsek Talisayan kembali menyambangi SMAN 14 di Kecamatan Biatan, Rabu (27/7/2016) kemarin.

Kedatangan polisi ini disambut positif oleh kalangan guru dan pelajar yang sebelumnya sudah menunggu. Untuk melakukan sosialisasi dalam mencegah kenakalan remaja, seperti bahaya narkoba, seks bebas, serta kebut-kebutan di jalan umum.

Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid melalui Kapospol Biatan, Aiptu Suyatna yang didampingi Bripka Nurkholik menjelaskan, terjadinya kenakalan remaja sebagian besar akibat kurangnya pemahaman dan pendidikan serta wawasan tentang kenakalan remaja itu sendiri.

Ia menilai, remaja khususnya para pelajar lebih sering tersandung ke dalam hal yang negatif. Hal itu disebabkan terlalu banyak mencontoh hal yang seharusnya tidak dilakukan pada usia mereka. Ia mencontohkan, tawuran antar pelajar yang terjadi belum lama ini di Kota Tanjung Redeb.

"Ini yang sangat kita sayangkan. Tidak ada untungnya melakukan tindakan negatif seperti tawuran, balapan liar, dan minum-minuman keras. Itu hanya akan merusak dan memutus masa depan," jelasnya.

Selain itu lanjut dia, siswa atau pelajar harus lebih cerdas dalam bergaul dan mencari kesibukan yang lebih positif, seperti mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Yang terpenting ditegaskan Suyatna, pelajar jangan sekali-kali mendekati apalagi sampai mencoba yang namanya narkoba. Karena selain dapat merusak diri sendiri, juga dapat merusak masa depan.

"Narkoba adalah musuh negara, pelajar adalah palang pintu. Jika pelajar sudah diperbudak narkoba, masa depan pembangunan Kabupaten Berau akan suram. Marilah kita sama-sama bahu membahu memerangi narkoba dengan cara menjauhinya," ajaknya. 

Diakhir sosialisasi dirinya berpesan kepada Kepala Sekolah dan para guru untuk turut menyampaikan imbauan ini kepada orangtua atau wali murid untuk lebih intens dalam memberikan perhatian serta nasehat agar anak tidak terlibat dalam kenakalan remaja.(hir)