Polsek Talisayan Datangi SMAN 3

TALISAYAN – Polsek Talisayan menggelar sosialisasi pencegahan dan antisipasi narkoba serta keselamatan berlalu lintas di SMAN 3 di Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan, Jum'at (22/7/2016). Hal itu menyusul semakin maraknya kasus peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Berau, khususnya di wilayah Talisayan. Sosialisasi yang diikuti puluhan siswa sekolah tersebut berlangsung hangat, dan mendapat respon baik dari pelajar.

Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid, melalui Kanit Binmas, Aiptu Leo Rifanto selaku pembicara dalam sosialisasi itu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah sedini mungkin peredaran narkoba dikalangan pelajar sekaligus dampaknya terhadap masa depan mereka. Apalagi, dengan maraknya kasus peredaran narkoba, pelajar yang jiwanya masih labil sangat rentan dengan pengaruh lingkungan yang buruk, sehingga tanpa disadari menjurus pada penyalahgunaan narkoba.

"Sebagai Polisi kita ingin memberikan pemahaman kepada pelajar sekaligus mengantisipasi pergaulan bebas dikalangan remaja, khususnya pelajar. Karena mereka adalah pondasi masa depan kita," ujarnya kepada beraunews.com.

Meski sejauh ini, belum ada pelajar Talisayan yang terjerat narkoba. Namun, tetap saja mereka merupakan sasaran empuk jika tidak dibekali dengan penguatan karakter dan pembekalan tentang bahaya narkoba. Selain itu, lanjut Leo, salah satu yang menjadi sorotan kepolisian adalah cara remaja berlalulintas yang dinilai sangat membahayakan.

Dengan meningkatknya kasus kecelakaan yang memakan korban, pihaknya berharap remaja, khususnya para pelajar SMAN 3 dapat lebih berhati-hati dan taat aturan dalam berlalulintas. Disamping itu selalu melengkapi kendaraannya dengan kelengkapan wajib, seperti surat dokumen, kaca spion serta pemakaian helm.

"Ini yang banyak tidak diperhatikan. Padahal kelengkapan seperti helm itu sangat penting untuk melindungi kepala dari benturan. Kita mengimbau mereka agar menjauhi pergaulan bebas, termasuk berkendara ugal-ugalan di jalan raya karena dapat membahayakan," jelasnya.

Dalam sosilaisasi tersebut juga diwarnai dengan tanya jawab antar pelajar dan pembicara. Sosialisasi tersebut rencananya akan dilakukan ke sejumlah sekolah lainnya yang berada di wilayah hukum Polsek Talisayan.(hir)