Polres Sita Puluhan Jeriken BBM Dari Rumah Warga

TANJUNG REDEB – Puluhan jeriken Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium berhasil diamankan Satuan Sabhara (Satsabhara) Polres Berau dari salah satu rumah warga di Wilayah Kecamatan Teluk Bayur sekitar pukul 15.30 Wita, Kamis (14/7/2016) kemarin.

Kasat Sabhara Polres Berau, AKP Wisnu Dian mengatakan, puluhan jeriken tersebut berhasil diamankan saat tim sedang melakukan patroli rutin di beberapa wilayah. Saat melintas di salah satu rumah warga tim melihat banyak tumpukan jeriken.

"Kita amankan saat sedang melakukan patroli rutin, saat melintas kami lihat ada tumpukan jeriken dan kami datangi ke lokasi ternyata banyak BBM jenis premium," ungkapnya kepada beraunews.com, Jum’at (15/7/2016).

Dikatakannya setelah tim melakukan interogasi awal terhadap pemilik BBM, selanjutnya dilaporkan kepada Satreskrim Polres Berau untuk tindak lanjutnya. Puluhan jeriken BBM tersebut pun langsung diamankan ke Mapolres Berau.

"BBMnya kita amankan di Mapolres, tapi untuk tindakan hukumnya kami serahkan ke Satreskim," ujarnya.

Wisnu menambahkan, dari informasi yang didapat, puluhan jeriken BBM tersebut diperoleh pemiliknya dari mengantre yang selanjutnya akan dijual.

"Kalau dari interogasi sementara kemarin, barang ini mereka dapat dari antre sendiri, tapi untuk proses penyidikannya nanti dilakukan oleh Reskrim," pungkasnya.

Penelusuran beraunews.com diketahui, kegiatan usaha bisnis bensin eceran merupakan bisnis ilegal. Hal itu telah diatur dalam UU Nomor 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Tak tanggung-tanggung, para penjual bensin eceran di pinggir jalan itu bisa didenda hingga Rp6 miliar dan dipenjara selama 6 tahun.(dws)