Polres Berau Bekuk Komplotan Curanmor Usia Belia

 

GUNUNG TABUR – Empat orang pelaku yang merupakan komplotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berusia belia, serta dua orang penadah, dibekuk Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Berau, Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 14.30 Wita di rumah mereka masing-masing.

Kapolres Berau, AKBP Andy Ervyn melalui Kasat Reskrim, AKP Damus Asa mengungkapkan, keempat yang pelaku masing-masing SS (18) warga Jalan Siranuddin Kecamatan Gunung Tabur, Sr (13) warga Jalan Siranuddin Kecamatan Gunung Tabur, DAM (15) warga Jalan Poros Bulungan Paribau Kecamatan Gunung Tabur dan FG (17) warga Jalan Laksamana Kecamatan Gunung Tabur. Sementara kedua penadah masing-masing Sp (23) warga Jalan Jalan Poros Bulungan Paribau Kecamatan Gunung Tabur dan AS (24) warga Kampung Maluang Kecamatan Gunung Tabur.

Para pelaku curanmor ini, lanjut Damus, telah menjalan aksi kejahatannya di 6 Tempat Kejadian Perkara (TKP), dengan rincian 2 unit di Kecamatan Tanjung Redeb, 2 unit di Kecamatan Teluk Bayur dan 2 unit di Kecamatan Gunung Tabur.

“Masih ada 1 orang pelaku masih DPO (Daftar Pencarian Orang-red) yakni saudara I, warga Jalan Laksamana Kecamatan Gunung Tabur,” tuturnya kepada beraunews.com, Rabu (29/11/2017).

Pengungkapan kompoltan curamor tersebut, tambah Damus, bermula ketika Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Berau, pada Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 13.00 Wita, mendapatkan informasi jika SS yang selama ini DPO atas kasus curanmor tahun 2016, telah kembali dari persembunyiannya, dan posisi SS berada di rumahnya Jalan Siranuddin Kecamatan Gunung Tabur. 

“Usai menerima laporan, Unit Opsnal dipimpin Kanit Opsnal langsung meluncur ke rumah SS untuk melakukan pengerebekan terhadap pelaku, dan pelaku berhasil diamankan,” bebernya.

Usai mengamankan dan melakukan interogasi kepada SS, diketahui dalam melakukan aksinya, SS selalu mengajak ketiga temannya (Sr, DAM dan FG) secara bergantian.

“Setelah mendapatkan nama dan alamat pelaku lainnya, personel saya minta langsung bergerak mengamankan semua nama yang dimaksud,” ujarnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, dalam melancarkan aksinya, mereka mencari sepeda motor yang tidak terkunci stang ataupun kunci dalam keadaan nempel di kontak sepeda motor. Kemudian, sepeda motor yang dicuri di dorong dengan menggunakan sepeda motor lainnya yang digunakan untuk mencari sasaran.

“Setelah jauh dari TKP dan di luar jangkauan orang lain, sepeda motor yang berhasil mereka curi, dihidupkan dengan menghubungkan kabel kontak. Kemudian sepeda motor tersebut diubah warna dan bentuknya serta nomor polisinya (nopol),” ungkapnya.

Terkait pelaku penadahan, Damus menyampaikan, pelaku Sp menukarkan handphone merek Xiomi Note 4 miliknya dengan sepeda motor Honda Beat Nopol DD 5627 DP. Sementara AS, membeli sepeda motor merek Yamaha F1 ZR seharga Rp1 juta, namun uang tersebut belum diserahkan AS, meski sepeda motor sudah digunakan.

“Saat ini, kami masih terus melakukan pengembangan terhadap para pelaku,” ucapnya.

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil mengamankan 8 unit sepeda motor sebagai barang bukti, dengan rincian 6 unit sepeda motor curian dan 2 unit sepeda motor yang digunakan pelaku melakukan aksinya. Berikut ini daftar 8 unit barang buktinya :

  1. 1 unit sepeda motor merek Jupiter Z1 warna hitam list biru dengan nopol KT 5345 GW. Asal sepeda motor warna hitam putih, diambil SS dan Sr dari TKP di Jalan Durian III Gang Rimba Kecamatan Tanjung Redeb
  2. 1 unit sepeda motor merek Honda Beat warna Hitam Plat DD 5627 DP. Asal sepeda motor warna warna putih kap hitam, diambil SS dan Sr dari TKP di Jalan Murjani III Gang Wiro Kecamatan Tanjung Redeb
  3. 1 unit sepeda motor merek Yamaha F1ZR warna hitam Putih, diambil SS, FG dan I dari TKP di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur
  4. 1 unit sepeda motor merek Honda Beat warna hitam. Asal sepeda motor warna merah muda, diambil SS dan FG dari TKP di Jalan Raja Alam Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur
  5. 1 unit sepeda motor merek Honda Blade warna kuning, diambil SS dan DAM dari TKP di Jalan Siranuddin Kecamatan Gunung Tabur
  6. 1 unit sepeda motor merek F1 ZR warna biru, diambil SS dan Sr dari TKP di Kampung Sambakungan Kecamatan Tanjung Redeb
  7. 1 unit sepeda motor merek Yamaha Mio GT warna Merah Plat KT 4130 IY
  8. 1 unit sepeda motor merek Suzuki Spin warna hitam

Ditegaskannya, keempat pelaku diancam pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman kurungan penjara maksimal tujuh tahun.(bnc)