15 Tahanan Polres Siap Dikirim Ke Rutan

TANJUNG REDEB - Senin (11/7/2016) pihak Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Tanjung Redeb siap kembali menampung tahanan dari Polres Berau yang sebelumnya sempat ditolak lantaran penghuni rutan melebihi kapasitas seharusnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Berau, AKBP Handoko mengatakan, ada sekitar 15 tahanan dari Polres Berau dan jajaran Polsek yang akan dititipkan ke rutan. Namun, hal itu baru dapat dilakukan dalam 1 minggu ke depan.

"Untuk tahanan ada sekitar 15 orang, itu dari Polres dan Polsek-Polsek. Kalau untuk harinya, kita belum tahu kapan," ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (10/7/2016).

Dikatakannya, pihak kepolisian masih akan melakukan tahapan-tahapan terlebih dahulu untuk menyelesaikan berkas para tahanan sebelum dititipkan ke rutan. Namun yang jelas, pihaknya akan segera melakukan pengalihan ke Rutan.

"Kalau hari Senin (besok-red) mungkin belum, karena kami perlu siapkan berkas-berkasnya dulu. Kemungkinan dalam minggu ini kami baru akan menitipkan tahanan yang seharusnya sudah dititipkan ke Rutan," tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya sejak 4 Juni 2016 lalu Polres Berau tengah hadapi dilema untuk menahan para pelaku kejahatan. Karena pihak rutan sempat melayangkan surat penolakan sementara pengiriman tahanan dari polres ke rutan.

Meski demikian pihak polres tetap memahami kondisi rutan yang saat ini sedang kelebihan kapasitas dari jumlah yang semestinya 195 orang menjadi 658 orang atau kelebihannya mencapai 237,44 persen.

Namun, yang menjadi dilema adalah setiap hari, selain Polres jajaran Polsek juga kerap mengirim laporan adanya pelaku yang diamankan. Hal ini jelas membuktikan Polres dan jajarannya bisa mengamankan 3 sampai 5 orang per harinya.(dws)