Maling Gentayangan Siang Hari, Ini Kata Polres Berau

 

TANJUNG REDEB - Polres Berau melalui Satreskrim setidaknya telah menerima 10 pengaduan masyarakat terkait aksi pembobolan rumah di siang hari. Atas pengaduan tersebut, Polres Berau pun telah menindaklanjutinya dengan melakukan pengecekan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Hal itu disampaikan Kapolres Berau, AKBP Andy Ervyn melalui Kasat Reskrim, AKP Damus Asa saat dikonfirmasi beraunews.com, Sabtu (23/09/2017). Dikataknnya, sampai saat ini pihaknya, masih terus melakukan penyidikan untuk mengungkap para pelaku pembobol rumah itu. Yang jelas, modus pelaku dalam melakukan aksinya siang hari antara jam 09.30 hingga 11.30 Wita.
 
“Pelaku kemungkinan besar telah melihat atau mempelajari jika penghuni rumah sedang tidak berada di rumahnya. Karena rata-rata rumah yang dibobol adalah rumah-rumah yang ditinggalkan oleh penghuni di saat jam kerja, maupun saat penghuni tidak ada di tempat,” bebernya.
 
BACA JUGA : Maling Gentayangan Siang Hari, Ketua DPRD Minta Masyarakat Waspada
 
Damus menegaskan, pihaknya akan terus berupaya mengungkap pelaku pembobol rumah ini. Selain itu, pihaknya juga telah meningkatkan patroli guna mencegah meningkatnya aksi para pelaku. Namun demikian, peran serta masyarakat juga sangat diharapkan untuk mempercepat pengungkapan kasus maupun mencegah terjadinya kasus serupa.
 
Peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya kasus serupa, dijelaskan Damus, dapat berupa peningkatan kewaspadaan, menyimpan barang lebih aman lagi hingga melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat maupun pihak Rukun Tetangga (RT).
 
“Kita harapkan kepada masyarakat agar dalam meninggalkan rumah, harus diperhatikan lagi dan bila meninggalkan kota, tolong dititipkan rumahnya ke tetangga sebelah maupun diawasi dan pasang kunci yang benar. Jika ada orang yang mencurigakan di jam-jam siang, tolong diamankan, ditanyakan keperluannya apa,” tandasnya.(*bnc)