Polisi Tindaklanjuti Pencurian Telur Penyu

 

TANJUNG REDEB – Kasus penjualan bahkan pencurian telur penyu menjadi perhatian pihak-pihak terkait, salah satunya Polres Berau selaku penegak hukum. Polisi sendiri saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait pencurian dan penjualan telur penyu.

Kapolres Berau, AKBP Andy Ervyn mengatakan, jika memang ada keresahan masyarakat jelas akan segera ditindaklanjuti. Seperti halnya terkait pencurian telur penyu ini, jelas pihaknya akan melakukan tindakan hukum jika memang terbukti ada oknum masyarakat yang melakukannya.
 
"Yang jelas jika terbukti ada yang melakukan, maka akan kita tindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku, dan saat ini kami juga tengah melakukan penyelidikan terkait adanya keresahan masyarakat soal pencurian dan penjualan telur penyu," ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (19/09/2017).
 
LIHAT JUGA : Penjualan Telur Penyu Semakin Marak
 
Dikatakannya, pihak kepolisian akan memperketat patroli di daerah dimana yang menjadi tempat favorit penyu bertelur. Memang diakui akses menuju tempat-tempat tersebut tidak mudah karena cukup jauh, namun pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan maupun Koramil.
 
"Kendala kita jelas sarana prasarana, karena menuju tempat penyu bertelur itu tidak dekat. Tapi nanti kita koordinasi dengan kecamatan dan Koramil agar bersinergi untuk mendukung kegiatan pengawasan terhadap pencurian telur penyu ini," ujarnya.
 
Sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan terkait adanya peredaran telur penyu yang diperjualbelikan ataupun pencurian. Namun, informasi lain, akan ada yang ditindaklanjuti, dan yang jelas saat ini pihaknya akan meminta jajaran Polres Berau maupun Polsek untuk melakukan penyelidikan.
 
"Informasi yang saya dapat itu akan ada yang ditindaklanjuti soal telur penyu ini," tambahnya.
 
Selain patroli di wilayah tempat penyu bertelur, Andy juga berencana akan mengerahkan jajarannya untuk melakukan pengawasan di perkotaan yang menjadi wadah peredaran telur penyu ini. Selain itu jika memang ke depannya kondisi sangat mendesak untuk penempatan anggota Polri di daerah tempat bertelurnya penyu, maka bisa ditempatkan juga nantinya.
 
"Kita akan patroli di kota juga untuk mengawasi peredaran telur penyu. Selain itu, kalau memang kondisi mendesak dan mengharuskan ada pengamanan anggota Polri di daerah tempat bertelur penyu, maka bisa kita tempatkan anggota di sana," pungkasnya.(bnc)
 
Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia