Satlantas Polres Berau Pasang CCTV di 5 Titik

 

TANJUNG REDEB – Untuk pemantauan terhadap arus lalulintas, Satlantas Polres Berau memasang kamera Closed Circuit Television (CCTV) di 5 spot traffic light, tepatnya berlokasi kawasan Kilometer (KM) 5, persimpangan Jalan Pangeran Antasari - Jalan APT Pranoto, Jalan Durian III, Jalan Pemuda (Depan PT Berau Coal) dan Depan SMK Negeri 1.

Kapolres Berau AKBP Andy Ervyn melalui Kasat Lantas, AKP Wisnu Dian Ristanto mengatakan, pemasangan kamera CCTV ini dinilai sangat efektif untuk melakukan pengawasan terhadap arus lalin. Tak hanya itu, juga mempersempit ruang gerak pelaku tindak pidana, pelarian penjahat, maupun pengawasan situasi Kamtibmas yang ada.

“Pemasangan kamera CCTV baru kita dilakukan di 5 titik, 3 di dalam kota, dan 2 di jalur masuk ke Tanjung Redeb,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (27/07/2017).

Mengenai rencana ke depan, disampaikannya, lokasi titik pemasangan akan diupayakan di lokasi lainnya. Langkah ini merupakan tahapan awal, dimana saat ini Satlantas terus melakukan pemantauan guna menentukan titik-titik kerawanan, baik dari arus lalulintas maupun tindak pidana, untuk selanjutnya dipasang kamera CCTV.

“Awal ini kita pasang 5 dulu, nanti ke depannya akan berlanjut untuk daerah lainnya,” tambahnya.

Dijelaskannya, dua daerah seperti KM 5 dan Jalan APT Pranoto merupakan jalur masuknya kendaraan dari luar Berau menuju Tanjung Redeb, selain itu daerah APT Pranoto kerap terjadi kegiatan balap liar yang dilakukan para remaja.

"Kalau jalur dalam kota, itu untuk memantau arus lalu lintas, apalagi di daerah Jalan Durian III menuju Jalan Durian II kerap macet, sehingga dengan adanya CCTV kita bisa memantau langsung kondisi lapangan," bebernya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap perkembangan arus lalulintas, diharapkan dengan adanya kamera CCTV tersebut, pekerjaan polisi lebih terbantu dan akan lebih optimal. Jika ada kemacetan, pihak polisi akan lebih cepat bertindak untuk mengatur lalulintas di daerah itu.

"Setiap hari, arus lalin dan situasi lainnya akan kita monitor. Di lokasi pemasangan kamera CCTV ini mobilitas kendaraan cukup ramai. Tidak hanya pada siang hari, juga pada malam harinya. Ke depannya akan kita upayakan untuk daerah lainnya," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia