Tahanan Kejaksaan Donggala Kabur, Polres Bekuk DPO di Kampung Giring-Giring

 

TANJUNG REDEB – Polres Berau melalui Polsek Biduk-Biduk berhasil meringkus seorang bernama Aldino (26), warga Jalan Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Selatan pada Jumat (21/07/2017) lalu. Aldino merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri (Kejari) Donggala yang lari ke Berau dan diringkus di Kampung Giring-Giring, Kecamatan Biduk-Biduk.

Kapolres Berau, AKBP Andy Ervyn Melalui Kasat Reskrim, AKP Damus Asa menceritakan, kronologi awal penangkapan ini, yaitu pada hari Rabu (19/07/2017) lalu pihak Kejaksaan Negeri Donggala menginformasikan melalui grup (WhatssApp), untuk mohon bantuan pencarian DPO Kejaksaan Negeri Donggala yang lari ke wilayah Berau.

"Setelah saya dapat informasi itu, saya membentuk tim pencarian dan memerintahkan anggota tim gabungan. Selanjutnya, Satreskrim Polsek Biduk-Biduk dan Polres Berau melakukan penyelidikan sekitar 3 hari," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (27/07/2017).

 

Setelah melakukan pencarian selama 3 hari, tim mendapatkan informasi bahwa di rumah salah satu warga di Kampung Giring-Giring RT 2, tepatnya di rumah Firdaus, ada pendatang baru dari Donggala dan berprofesi sebagai nelayan. Setelah itu personel melakukan lidik dan observasi, ternyata ciri-ciri tersebut sesuai dengan DPO yang ada.

"Setelah itu tim melakukan penangkapan pada saat orang tersebut hendak ke kapal untuk pergi mancing, selanjutnya dilakukan interogasi terhadap orang tersebut, dan ternyata benar tahanan Kejaksaan Negeri Donggala yang melarikan diri, selanjutnya kami amankan ke Mapolres Berau," ucapnya.

Selanjutnya, pada Rabu (26/07/2017) sekitar pukul 15.30 Wita, DPO tesebut diserahkan kepada pihak Kejaksaan Negeri Donggala, yang diwakili oleh salah satu jaksa, yakni Hamka Muchtar untuk kembali menjalani proses hukum.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia