Sebelum Mudik, Masyarakat Diharapkan Perhatikan Hal Ini

 

TANJUNG REDEB – Jelang lebaran, tak sedikit masyarakat yang mudik atau pulang ke kampung halaman. Otomatis rumah-rumah merekapun akan kosong dan minim pengawasan. Dengan momen seperti ini masyakarat diminta mewaspadai segala hal yang dapat menggangu atau berdampak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Biasanya kalau lebaran banyak yang mudik. Rumah yang kosong otomatis menjadi target operasi pelaku tindak kejahatan. Itu yang perlu diwaspadai," ungkap Kasat Reskrim, AKP Damus Asa, kepada beraunews.com, Selasa (20/06/2017).

Dikatakannya, masyarakat diminta memperhatikan segala sisi rumah yang bisa menjadi akses keluar masuk seperti pintu dan jendela. Jika perlu, memang menggunakan teralis lebih baik. Namun jika tidak, bisa memaksimalkan pengamanannya. Selain itu pintu juga harus dipastikan terkunci semua.

"Biasanya ada saja rumah yang tidak pakai teralis, itu perlu diperhatikan bagaimana agar lebih safety atau aman," bebernya.

Tak hanya itu, beberapa perlengkapan di dalam rumah seperti tabung gas dan jaringan listrik tak luput dari perhatian. Pastikan tabung gas terlepas dari selangnya dan jangan sampai ada terminal listrik yang terpasang hingga bertumpuk.

"Yang memicu menimbulkan api juga diperhatikan, kalau terjadi hal yang tak diinginkan bukan hanya merugikan diri sendiri, bahkan bisa orang lain juga. Tapi semoga itu tidak terjadi," ucapnya.

Tak kalah penting yaitu barang berharga. Pastikan barang berharga dibawa atau disimpan di tempat yang aman. Selain itu, sebelum mudik mungkin bisa menitipkan rumah kepada tetangga yang tidak mudik untuk sekadar minta bantuan pengawasan.

"Masyarakat diharapkan bisa membantu juga untuk menjaga lingkungannya. Komunikasi yang baik juga penting, serta laporkan kepada ketua RT atau tetangga yang dipercaya untuk meminta bantuan pengawasan agar kondisi aman dan nyaman," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia