Eksekusi Lancar dan Aman, Kapolres Ucapkan Terimakasih Kepada Pihak Terkait

TANJUNG REDEB - Eksekusi bangunan dilahan sengketa di Jalan Pulau Panjang berjalan lancar, aman dan terkendali dengan baik. Hal ini, tak lepas dari keberhasilan dan kerja keras aparat kepolisian dan pihak-pihak terkait dalam memberikan imbauan dan pemahaman hukum kepada masyarakat yang menjadi korban.

Diketahui, rencana eksekusi bangunan pada lahan sengketa ini sudah beberapa kali dilakukan, namun tidak membuahkan hasil. Bahkan pada eksekusi yang akan dilaksanakan tahun 2014 lalu, mendapat perlawanan keras dari masyarakat dan sempat terjadi bentrokan dengan para aparat keamanan.

Menanggapi hal ini, Kapolres Berau, AKBP Handoko mengatakan lancarnya eksekusi bangunan pada lahan sengketa ini tak lepas dari pendekatan persuasif dengan masyarakat, sehingga tak ada perlawanan dan masyarakat pun bisa menerima keputusan dari Mahkamah Agung (MA) yang mengharuskan mereka mengosongkan lokasi lahan tersebut.

“Ia memang kalau rencana eksekusi ini sudah kita antisipasi sejak minggu lalu. Selama itu juga, saya sendiri selalu terjun kelapangan mendatangi masyarakat untuk mengetahui apa saja keluhan dan memberi pamahaman kepada mereka,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (30/5/2016).

Dikatakannya, pendekatan merupakan hal yang penting dalam memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat Berau. Hal ini guna mengantisipasi adanya masyarakat yang bertindak melanggar undang-undang yang berujung ke tindak pidana.

“Untuk masalah ini, yang jelasnya saya pribadi juga berterimakasih kepada tim gabungan dan masyarakat yang mengerti dan memahami kondisi saat ini,” tambahnya.

Selain itu, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo terkait permintaan dan harapan masyarakat Jalan Pulau Panjang kepada pemerintah. Semoga saja, apa yang sudah disampaikannya bisa direalisasikan oleh pemerintah.

“Masyarakat meminta dan berharap adanya lahan untuk relokasi sementara bagi masyarakat yang saat ini belum menentukan kelanjutan nasib mereka akan dibawa kemana,” terangnya.

Selesainya eksekusi ini, bukan berarti pengamanan berhenti. Handoko akan memerintahkan anggotanya untuk terus melakukan patroli dan akan mendirikan tenda untuk mengawasi arena lahan ini.

“Demi keamanan juga, untuk malam ini saya sudah perintahkan anggota untuk terus melakukan patroli diologis dan membuat tenda untuk pengamanan,” pungkasnya.(dws)