Antisipasi Tindak Kriminal, Tempat Keramaian Diawasi

 

TANJUNG REDEB – Menjelang lebaran, kebutuhan masyarakat tentu meningkat. Tak sedikit pula masyarakat yang nekat melakukan tindak kriminal untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan cara ini biasanya dilakukan para pelaku karena desakan ekonomi maupun alasan tertentu, dan momen menjelang lebaran biasanya menjadi waktu yang perlu diantisipasi oleh jajaran kepolisian.

Kapolres Berau, AKBP Andy Ervyn melalui Kasat Reskrim AKP Damus Asa mengatakan , jika tindak kriminal bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Namun, polisi juga tentu melakukan langkah-langkah untuk menekan angka kriminalitas di setiap wilayah apalagi jelang lebaran seperti saat ini.

"Biasanya dekat lebaran memang tidak kriminal sedikit meningkat, tapi itu sudah kami antisipasi sejak awal dengan melakukan patroli rutin dan penyebaran personel di daerah-daerah yang dianggap rawan," ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Jumat (16/06/2017).

Dikatakannya, saat ini beberapa kegiatan dilakukan oleh polisi untuk antisipasi kejahatan di luar. Beberapa tempat keramaian maupun tempat pusat berkumpulnya masyarakat menjadi sasaran untuk dilakukan pengawasan.

 

"Kami sudah lakukan patroli di beberapa wilayah tempat keramaian. Alhasil, masih ada kami temui remaja-remaja yang mengisap lem, maupun yang mengkonsumsi miras," tambahnya.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi tidak kriminal di jalan, masyarakat juga harus bisa menempatkan diri dalam membawa barang berharga baik tas yang berisi barang berharga, maupun benda lain. Sehingga tidak memancing niat seseorang untuk melakukan tindakan karena melihat adanya kesempatan.

"Antisipasilah sejak dini, jika ada tindak kriminal segera laporkan. Polisi pun melakukan pengamanan dengan patroli dan mengawasi tempat-tempat keramaian di setiap daerah," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia