Polisi Juga Siap Tangani Bencana Alam

TANJUNG REDEB - Tidak main-main, komitmen Polres untuk berpartisipasi dalam penanganan bencana alam ditunjukan dengan kesiapan personel. Kesiapan ini sebagai bentuk antisipasi terhadap segala kemungkinan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Berau baik menjelang maupun usai lebaran. Untuk memastikan kesiapan personel, Polres Berau menggelar upacara antisipasi bencana alam di Mapolres Berau, sekitar pukul 08.00 Wita.

Upacara yang diikuti Kabag, Kasat, Kapolsek dan para anggota Polres Berau ini dipimpin langsung Kapolres Berau, AKBP Handoko. Dalam sambutannya, Kapolres meminta seluruh personel dapat melakukan langkah-langkah yang tepat dan baik dalam mengantisipasi bencana alam yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

"Kita harus kerja ekstra untuk menangani bencana alam yang bisa terjadi, lakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dalam melakukan tindakan," ungkapnya.

Ia mengharap personel bisa mengoptimalkan sarana dan prasarananya yang ada saat ini untuk menunjang sikap cepat tanggap dalam bertindak sebagai respon polisi terhadap bencana. Sehingga pertolongan bisa segera dilakukan, selain itu juga personel membuat pos-pos di wilayah yang rawan akan bencana.

"Laksanakan pertolongan dengan baik kepada masyarakat agar mereka benar-benar merasakan pertolongan Polri. Selalu awasi area-area yang rawan bencana baik dari wilayah laut sampai pemukiman warga," terangnya.

Jika terjadi bencana di suatu wilayah dan mengakibatkan masyarakat harus mengeluarkan barang-barang mereka. Handoko meminta agar personelnya siap siaga dan menindak, jika ada yang memanfaatkan situasi bencana tersebut.

"Kalau memang ada yang memanfaatkan situasi bencana, tindak tegas sesuai hukum yang berlaku," paparnya.

Handoko berharap dalam operasi ini, Polri bisa membantu dan mengantisipasi segala kemungkin yang terjadi. Selain itu, sebagai anggota Polri juga harus menjaga kesehatan agar selalu bisa optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk membantu masyarakat, kita harap juga gunakan pelayanan kesehatan Polri agar apa yang terjadi bisa segera ditangani," pungkasnya.(dws)