Gelapkan Ratusan Juta Uang Kontrakan, IRT Dibui

 

TANJUNG REDEB – Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial Dw (35), Warga Jalan Gatot Subroto, terpaksa diamankan jajaran Polres Berau atas kasus penggelapan dana sekitar Rp164 juta milik Marhana. Dw diamankan di rumahnya Jalan Gatot Subroto, sekitar pukul 14.00 Wita Rabu (09/05/2017) lalu.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Kasat Reskrim, AKP Damus Asa mengatakan, Dw diketahui merupakan orang yang dipercaya Marhani untuk mengawasi kontrakan 24 pintu miliknya di Jalan Gatot Subroto. Dw dipercaya oleh Marhani untuk menagih uang kontrakan para penghuni, namun dana tersebut tak disetorkan sepenuhnya kepada Marhani.

“Marhani tahu dari salah satu penghuni kontrakan kalau mereka sudah setor uang kontrakan kepada Dw yang dipatok Rp13 Juta per tahun, namun dana tersebut tak diserahkan kepada Marhani,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Jumat (12/05/2017).

Dikatakannya, Marhani sempat mempertanyakan sisa dana tersebut kepada Dw, namun Dw tidak juga memberikan sisa dana yang diambil olehnya. Selanjutnya, Marhani melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian.

Setelah menerima laporan dari Marhani, Satreskrim Polres Berau bergerak melakukan pencarian terhadap Dw. Dw diamankan dan mengakui jika dana yang tersebut digunakannya untuk keperluan pribadi.

“Sementara ini pelaku masih kami amankan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

 

Terpisah, Dw mengaku jika dana tersebut digunakannya untuk keperluan usaha sembako yang ia miliki. Beberapa uang yang ia gunakan sudah dibelikan barang keperluan ruko dan dibayarkan kepada koperasi simpan pinjam.

“Uang itu rencananya mau diputar dulu untuk modal usaha, sebagian ada saya bayarkan koperasi,” ungkap Dw.

Setelah ketahuan menggunakan uang pembayaran kontrakan tersebut. Dw sempat memiliki itikad baik dengan meminta bantuan keluarganya untuk memberikan jaminan kepada Marhani, sambil menunggu dana tersebut dikembalikan.

“Saya sudah minta bantu keluarga, ada beberapa lahan yang mau dijaminkan sambil saya ganti perlahan dananya, tapi dia (Marhani-red) tidak mau,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia