Polisi Mulai “Lirik” Tempat Wisata

TANJUNG REDEB – Menyambut libur panjang lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, masyarakat Berau serta wisatawan diperkirakan akan memadati tempat-tempat wisata andalan Kabupaten Berau. Terkait hal tersebut, Polres Berau akan mengantisipasi untuk pengamanan lalu lintas dan dan area tempat wisata tersebut.

"Libur panjang pekan ini kami juga melakukan persiapan. Salah satunya ya melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata di Kabupaten Berau. Langkah ini guna mengantisipasi peningkatan pengunjung yang sangat signifikan di libur lebaran kali ini. Sebab, melihat dari libur panjang sebelumnya, tempat-tempat wisata seperti Pulau Derawan dan Labuan Cermin, selalu padat dikunjungi pengunjung, daik yang dari Kota Tanjung Redeb dulu maupun yang langsung menggunakan Speedboat dari daerah Tarakan," ungkap Waka Polres Berau, Kompol Agus Siswanto kepada beraunews.com, Minggu (26/6/2016).

Dikatakannya, untuk pengamanan sendiri pihak kepolisian sektor akan mengantisipasi peningkatan wisatawan beberapa hari sebelum lebaran. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan para pengelola tempat wisata agar selalu memberi imbauan kepada para wisatawan untuk mengutamakan keamanan.

“Kita akan berkoordinasi dengan pengelola atau petugas yang mengawasi tempat wisata, agar pengunjung tidak melalaikan jarak aman maupun safety diri saat berenang,” terangnya.

Untuk penyedia jasa penyeberangan, Agus mengimbau agar selalu memastikan kondisi kapal sebelum beroperasi, memastikan ketersediaan bahan bakar dan pelampung sebagai alat yang wajib digunakan pengguna jasa saat menyebrang.

“Hal-hal penting itu jangan sampai dilalaikan, hal ini demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung atau wisatawan yang sedang berlibur di tempat-tempat wisata,” pungkasnya.(dws)