Jelang Ramadan, Polisi Minta Masyarakat Tetap Waspada

 

TALISAYAN – Jelang Ramadan, jajaran kepolisian sektor Talisayan, meminta kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah hukumnya untuk selalu waspada akan tindak kejahatan pencurian. Sebab, di tengah kesibukan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa, ada saja oknum atau pelaku kejahatan yang coba memanfaatkan kelengahan masyarakat yang sibuk melaksanakan ibadah puasa.

Disampaikan Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid, masyarakat perlu waspada mengingat hal tersebut bisa saja terjadi pada siapa saja. Untuk itu, dirinya mengharapkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan keamanan rumahnya saat hendak menjalankan ibadah puasa.

“Kita minta masyarakat jangan sampai lengah dalam menyambut ibadah puasa hingga keamanan rumah dilupakan. Tetap harus waspada guna menghindari aksi pencurian,” bebernya kepada beraunews.com, Senin (08/05/2017).

Bahkan kata dia, akibat minimnya keamanan dan lengahnya masyarakat dalam menjaga keamanan rumahnya, tak jarang terjadi aksi pencurian, baik itu pencurian kendaraan, maupun pencurian harta benda lainnya.

“Jangan sampai jadi korban baru menyesal. Mulai sekarang sebelum terjadi, kita tingkatkan kewaspadaan,” ujarnya

Dirinya juga meminta, bagi setiap kampung yang telah memiliki poskamling atau pos keamanan lingkungan yang saat ini belum dimanfaatkan, agar dapat difungsikan. Sebab kata dia, hingga kini keamanan lingkungan masih belum begitu diperhatikan masyarakat.

“Itu kan untuk keamanan bersama. Harusnya dimanfaatkan untuk meminimalisir aksi kejahatan di lingkungan sekitar,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan untuk selalu mewaspadai instalasi listrik dan kompor saat hendak meninggalkan rumah. Hal itu disampaikannya, untuk menghindari terjadinya peristiwa kebakaran. Terlebih kata dia, hingga saat ini belum ada armada kebakaran di wilayah hukumnya untuk memadamkan api.

“Ini sangat penting. Mengingat setiap kali kebakaran tidak ada yang bisa diselamatkan. Kita mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada. Kita juga berharap, jika menjadi korban kejahatan untuk segera melaporkan agar dapat ditindaklanjuti,” imbaunya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia