Polisi Bakalan Patroli Ke Rumah Warga,,, Kenapa Ya?

TANJUNG REDEB – Mengantisipasi adanya tindak pencurian di rumah kosong saat masyarakat mudik lebaran, Polres Berau akan melakukan patroli di area pemukiman warga maupun kawasan-kawasan yang sepi.

"Kita amankan saat masyarakat mulai berangsur-angsur mudik. Pasalnya, tak menutup kemungkinan hal-hal atau tindak kriminal seperti pencurian bisa terjadi di lingkungan masyarakat," ungkap Wakapolres Berau, Kompol Agus Siswanto kepada beraunews.com, Sabtu (25/6/2016)

Dikatakannya, untuk pengawasan tersebut, pihak kepolisian akan intensif berkoordinasi dengan Ketua RT setempat. Sehingga pengamanan lebih maksimal dan cepat menindaklanjuti jika terjadi tindak kriminal.

"Untuk pengawasannya kita akan koordinasi dengan pihak RT, agar komunikasi selalu berjalan untuk memberi informasi jika ada hal-hal yang mengarah ke tindak kriminal," katanya.

Agus menambahkan, pihak RT harus intensif mengontrol warganya, guna mengantisipasi adanya pendatang yang tak jelas asal usulnya. Jangan sampai menjadi gangguan di suatu wilayah.

"Itu penting sekali, karena tak sedikit juga orang luar yang masuk ke wilayah Berau dan bermukim tapi tidak lapor RT, dan bisa jadi itu sindikat pencurian ataupun lainnya, itu yang kita hindari," katanya.

Selain itu, Agus mengimbau masyarakat mengecek segala sesuatu yang dapat membahayakan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, seperti tabung gas, terminal listrik ataupun kabel-kabel yang rawan menimbulkan api.

"Kalau mudiknya lama, bisa diperhatikan tabung gas, aliran-aliran listrik dan kabel yang rawan menimbulkan api. Jangan sampai hal ini membahayakan bagi yang lainnya," terangnya.

Pada intinya, dalam pengamanan ini Polres Berau dan jajaran Polsek akan maksimal melakukan patroli di perumahan dan area-area sepi di setiap wilayah, demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

"Kita juga meminta kerjasama masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif ini, agar segala kemungkinan bisa kita antisipasi sebelumnya," pungkasnya.(dws)