Apes.. Dititipi Sabu, Seorang Karyawan Dicokok Polisi

TALISAYAN – Peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Berau khususnya di wilayah Kecamatan Talisayan, sepertinya tidak ada habisnya. Meskipun sudah banyak pelaku penyalahgunaan narkoba yang ditangkap dan dipenjarakan, namun hal itu tak membuat para pengedar, dan pecandu barang haram tersebut lantas berhenti.

Pasalnya, Jumat (12/04/2017) seorang warga Kampung Batu Putih Kecamatan Batu Putih bernama Mahmud, yang merupakan karyawan di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di wilayah Kecamatan Batu Putih, diamankan, lantaran memiliki satu paket yang diduga sabu-sabu.

Kapolsek Talisayan Iptu Faisal Hamid menyampaikan, penangkapan pelaku dilakukan sekitar pukul 16.30 Wita di sekitar Jalan Yos Sudarso Kampung Talisayan, berdasarkan informasi yang diberikan masyarakat.

"Saat akan transaksi, langsung kita amankan tanpa perlawanan. Dari penggeledahan yang kita lakukan, ditemukan satu poket berukuran sedang, barang yang kita duga adalah sabu-sabu," ungkapnya pada beraunews.com, Sabtu (15/04/2017).

Akibatnya, pelaku dan barang bukti diamankan dan dibawa ke Mapolsek Talisayan, untuk dimintai keterangan. Berdasarkan keterangan pelaku, dirinya hanya dititipkan dari rekannya dan hendak diberikan kepada seseorang. Kendati demikian, bagaimanapun alasan yang disampaikannya, pihaknya tetap akan melakukan penindakan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

"Tetap akan kita proses sesuai dengan pasal 112 UU RI Nomor 35/2009, terkait penyalahgunaan narkoba, dengan ancaman 4 tahun penjara," bebermya.

Saat ini pihaknya masih menelusuri dari mana barang haram tersebut didapatkan pelaku. Disamping itu, dirinya juga mengakui Talisayan dan sekitarnya terbilang rawan peredaran narkoba. Sebab, pihaknya sudah cukup banyak mengamankan pelaku penyalahgunaan narkoba, namun tak lantas membuat pelaku lainnya jera. Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak mendekati atau sampai mencoba yang namanya narkoba.

"Ini hanyalah masalah waktu saja. Kita tetap akan mengejar dan menangkap pelaku yang masih bebas berkeliaran. Namun kita juga berharap pada masyarakat untuk waspada, dan menjaga keluarga mereka dari bahaya narkoba, dan melaporkannya kepada kami jika mengetahui ada transaksi narkoba agar dapat segera diamankan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia