KM Safina Ditemukan, Korban Dievakuasi ke RS Amalia Bontang

 

TANJUNG REDEB – Kapal Motor (KM) Safina yang dikabarkan hilang beberapa hari lalu, akhirnya berhasil ditemukan. KM Safina yang ditumpangi sekitar 19 orang tersebut ditemukan oleh KM Mitra Abadi, yang saat itu berlayar dari daerah Donggala, Sulawesi Tengah.

Kapolsek Biduk-Biduk, AKP Suradi mengatakan, berdasarkan informasi sementara ini, KM Safina sudah ditarik ke perairan Bontang, untuk dilakukan perbaikan mesin karena diketahui sebelumnya mengalami kerusakan, sehingga terombang-ambing di laut selama kurang lebih 1 pekan.

Dikatakannya, untuk penumpang yang ada di kapal tersebut dipastikan dalam kondisi aman dan baik-baik saja. Namun, informasi ini juga masih dipastikan oleh polisi, terkait jumlah warga Berau yang ikut dalam kapal tersebut.

“Kami masih kumpulkan informasi lebih lanjut terkait hal ini,” bebernya.

Sementara itu, salah satu korban, Alfers Mapaliyey mengatakan, memang kapal yang ia tumpangi dari Toli-Toli mengalami kerusakan mesin. Kerusakan disebabkan karena ada kesalahan yang dilakukan anak buah kapal (ABK).

“Jadi kapal sudah diisi Bahan Bakar Minyak (BBM) skitar 35 liter, dan dalam perjalanan, juragan meminta agar BBM ditambah atau diisi lagi, tapi anak buahnya salah ambil jeriken, dan ternyata yang dimasukkan ke dalam mesin adalah air,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (06/04/2017).

BACA JUGA : Hanya Bisa Dihubungi 5 Detik, KM Safina Alami Kerusakan Mesin

Selama berada di laut, Alfers mengaku dalam kondisi aman, karena persediaan makanan yang ada di kapal cukup, karena memang mereka menghemat. Namun, mereka kekurangan air bersih atau air tawar lantaran stok air minum yang tersedia di kapal sangat minim.

“Kalau makanan sih cukup saja, karena saat kejadian itu kami mulai menghemat, hanya saja air minum yang kami rasa kurang. Syukurnya kami bisa menghemat sehingga tidak sampai menggunakan air asin untuk minum,” bebernya.

Diceritakannya, kapal yang ia tumpangi ditemukan kemarin (05/04/2017) sore. Namun, karena menjelang malam, kapal tidak berani menarik dan terpaksa diikat terlebih dahulu. Sekitar pukul 06.00 Wita, Kamis pagi (06/04/2017), barulah kapal mulai bergerak menuju Bontang untuk bersandar dan perbaikan mesin.

“Sementara ditarik ke daerah bontang untuk diperbaiki, alhamdulillah semua selamat termasuk 8 orang warga Berau yang ada di kapal ini,” pungkasnya.

 

Data sementara penumpang KM Safina yang berangkat dari Toli-Toli tujuan Balikukup, Berau, Kaltim, adalah Alfers Mapaliyey (55), Mustia Donge (56), Dawi (6), Rahma (36), Samlan (36), Kurniati (33), Awalia (23), dan Sumiati (18). Saat ini korban sudah dievakuasi ke RS Amalia Kota Bontang, menggunakan ambulans Dinkes dan PMI Bontang. Tim yang saat ini masih bersiaga di tempat kejadian adalah PMI Bontang, Dinkes Bontang, dan BPBD Bontang.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia