Warga Kampung Birang Serahkan Senpi Rakitan Ke Polsek Gunung Tabur

GUNUNG TABUR - Pandi Abdillah (33), warga Kampung Birang, Kecamatan Gunung Tabur, menyerahkan Senjata Api (Senpi) rakitan jenis penabur kepada tim Polsek Gunung Tabur sekitar pukul 09.00 Wita Jumat (27/5/2016) kemarin.

Pandi menyerahkan senpi miliknya setelah mendapat imbauan oleh Kapolsek Gunung Tabur  terkiat undang-undang dan pidana bagi pemilik Senpi yang tak dilengkapi dengan surat atau dokumen yang sah.

Kapolsek Gunung Tabur, AKP Sujarwanto mengatakan, sebelumnya tim Polsek giat melakukan imbauan kepada masyarakat terkait hal-hal yang mengganggu keamanan dan keterbtiban masyarakat (Kamtibmas) dan yang sekiranya dapat melanggar undang-undang dan pidana.

“Kita sebelumnya imbau masyarakat agar tidak bermain-main dengan narkoba, Miras serta kepemilikan senpi illegal, jika memang masyarakat memiliki senpi maka bisa diserahkan dengan aparat kepolisian dengan catatan polisi akan mengapresiasi kemauan mereka menyerahkan,” ungkapnya kepada beraunews.com

Dikatakannya, bagi masyarakat yang menyerahkan senpi mereka maka tidak dikenakan sanksi pidana. Namun, jika tertangkap tangan sedang menggunakan senpi tersebut maka jelas akan dikenakan sanksi pidana atau undang-undang darurat sebagimana Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat tentang Senjata Api dengan ancaman maksimal 12 tahun kurungan penjara.

“Kita beritahu mereka, kalau ada niat baik mereka menyerahkan kepada pihak kepolisian maka tidak akan dikenakan pidana. Namun, kalau mereka masih secara sembunyi-sembunyi menyimpan dan menggunakan senpi tersebut tanpa ada izin yang sah, maka akan kita kenakan undang-undang darurat seperti yang sudah diatur dalam undang-undang,” tambahnya.

Sujarwanto menambahkan, pihaknya akan terus melakukan imbauan serupa di seluruh kampung-kampung yang masuk dalam wilayah hukum Polsek Gunung Tabur guna menjaga Kamtibmas tetap terjaga.

“Kalau imbauan kepada masyarakat masih terus berjalan di tiap-tiap kampung. Kita akan terus lakukan ini agar masyarakat kita lebih mengerti hukum, dan bisa bekerjasama dengan aparat kepolisian dalam menjaga situasi yang akan dan kondusif di wilayah hukum Polsek Gunung Tabur ini,” pungkasnya.(dws)