Kapolsek Talisayan: Poskamling Wajib Digiatkan Lagi

 

TALISAYAN – Dalam meminimalisir tindak kriminal di wilayah Talisayan dan sekitarnya, Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid meminta kepada masyarakat untuk menggiatkan jaga malam atau poskamling. Hal ini dinilai penting dalam memberikan rasa aman dan ketertiban di lingkungan kampung masing-masing.

Diungkapkannya, saat ini budaya jaga malam di setiap kampung kini sudah mulai ditinggalkan sebagian besar masyarakat. Hal itu terlihat dari tidak berfungsinya poskamling yang ada di setiap kampung. Wajar kata dia, jika ada sejumlah oknum yang memanfaatkan situasi tersebut untuk melakukan tindak kejahatan.

"Sangat perlu diaktifkan kembali. Karena ini untuk kepentingan masyarakat juga. Apalagi hampir setiap kampung juga memiliki poskamling yang tersebar di beberapa RT," ungkapnya pada beraunews.com, Sabtu (01/04/2017).

Menurutnya, dalam menjaga keamanan dan ketertiban, masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan aparat kepolisian saja. Selain personel yang terbatas, juga tidak bisa menjangkau seluruh kampung secara bersamaan. Untuk itu kata dia, peran masyarakat dalam menjaga lingkungannya sangat diperlukan guna membantu aparat kepolisian dalam menekan tindak kejahatan.

"Kerjasama masyarakat itu sangat penting, dan memudahkan pekerjaan polisi dalam menjaga keamanan. Salah satunya ya dengan mengaktifkan poskamling tadi. Karena banyak saya lihat bangunan poskamlingnya tidak lagi digunakan," bebernya.

Dirinya juga menekankan kepada masyarakat, ketika mendapat atau melihat peristiwa, atau menjadi korban kejahatan, hendaknya segera melaporkan diri kepada aparat kepolisian terdekat, agar pelaku dapat segera dilacak dan diamankan.

"Karena banyak orang yang jadi korban, takut untuk melaporkan. Hal ini tidak bisa dibiarkan, karena pelaku kejahatan seperti tindak pencurian jika tidak dikejar, akan selalu mengulang perbuatannya. Bisa saja peristiwa serupa terjadi lagi karena selalu dibiarkan. Yang seperti ini sudah banyak terjadi," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap pemerintah kampung masing-masing yang ada di wilayah hukumnya, untuk kembali menggiatkan jaga malam. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap aksi tindak kejahatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Harapannya, masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya untuk menjaga keamanan di rumah, dan lingkungannya demi keamanan dan kekondusifan bersama," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia