Pikirkan Masa Depan, Penahaan Bukan yang Utama

 

TANJUNG REDEB – Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) hingga kini masih diamankan oleh jajaran Polres Berau. Diketahui, pelaku masih dibawah umur dan berstatus pelajar. Dengan kondisi tersebut, penanganan atas kasus itu tidak mengutamakan penahanan dengan beberapa pertimbangan. Namun, jika memang korban tidak bisa dimediasi, maka penahanan masih tetap bisa dilakukan.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Kasat Reskrim, AKP Damus Asa mengatakan secara hukum pelaku yang sudah diatas 14 tahun sudah bisa ditahan, apalagi sanksi hukuman 7 tahun lebih seperti yang dialami pelaku curanmor saat ini. Namun, ada penanganan khusus atas pelaku tersebut karena masih dipikirkan masa depan si anak.

"Saat ini kita tidak mengutamakan penahanan. Penahanan itu upaya terakhir kalau memang tidak bisa kita mediasi, kita memikirkan masa depan si anak, khawatir kalau dia berkumpul dengan para pelaku tindak pidana lain malah semakin memperburuk perilakunya," ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (27/03/2017).

BACA JUGA : Tak Dibelikan Motor Baru, Pelajar Nekat Mencuri

Upaya untuk mediasi juga sedang dilakukan oleh jajaran Polres Berau. Namun saat ini korban masih belum menyetujui jika dilakukan upaya damai. Selain itu, orang tua pelaku masih kurang kooperatif dalam kasus ini.

"Upaya ini masih kita lakukan, kita akan gunakan sistem peradilan menggunakan undang-undang diversi dan berharap ke depannya bisa dilakukan mediasi dengan memikirkan masa depan si anak," tambahnya.

Selain itu, Damus berharap adanya pengawasan khusus dari para orang tua untuk memastikan anak-anak mereka tidak salah bergaul, yang bisa mengakibatkan perilaku buruk si anak bahkan hingga mengarah ke perbuatan tindak kriminal.

"Orang tua merupakan ujung tombak untuk mengawasi anak-anak yang beranjak dewasa atau memasuki masa remaja. Dimana mereka mulai mencari jati diri, disitu perlu pengawasan khusus jangan sampai perbuatan mereka mengancam masa depan mereka," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia