Nelayan Bawa Peledak Berhasil Diamankan

PULAU DERAWAN – Polsek Pulau Derawan berhasil mengamankan seorang nelayan berinisail Ar (48), warga Kampung Tanjung Batu yang akan menangkap ikan menggunakan bahan peledak (potas-red) sekitar pukul 10.00 Wita, Selasa (21/6/2016).

Dari tangan pelaku, Polsek mengamankan sekitar 4 botol kecil amonium nitrat, 1 botol besar amonium nitrat, pasir, 3 buah sumbu ledak, 1 buah pisau, setengah botol campuran amonium nitrat, serbuk mesiu korek api, 1 buah gunting, 3 liter BBM jenis premium, jaring ikan dan perahu milik nelayan yang akan mengebom ikan tersebut.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalu Kasubbag Humas AKP Marwoto mengatakan Ar diamankan berkat laporan masyarakat yang mengetahui jika ada oknum yang akan mencari ikan menggunakan bahan peledak jenis potas. Selanjutnya, anggota Polsek langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku.

“Polsek Pulau Derawan dapat informasi terkait itu, selanjutnya personel langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, setelah mendapatkan dan mengetahui identitas pelaku, maka tim langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku yang saat itu diketahui baru akan melaut.

“Setelah diketahui, anggota langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku dan dari tangan pelaku disita bahan peledak jenis potas dan jaring ikan serta perahu yang digunakan pelaku untuk melaut,” tambahnya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam Undang-Undang Darurat Nomor 12/1952 tentang Bahan Peledak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun kurungan penjara.

“Saat ini pelaku masih diamankan di Mapolsek Pulau Derawan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Marwoto.(dws)