900 Liter BBM Bersubsidi Diamankan Polsek Talisayan

 

TALISAYAN – Selasa (07/03/2017) sekitar pukul 07.30 Wita, jajaran Polsek Talisayan berhasil mengamankan ratusan liter BBM bersubsidi tanpa izin. BBM tersebut dibawa ke pesisir selatan Berau dengan menggunakan sebuah mobil pikap yang dikendarai oleh Muhammad Amin.

Kapolsek Talisayan Iptu Faisal Hamid saat dikonfirmasi mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan di jalan poros Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan, saat pihaknya tengah melakukan patroli.

“Karena terlihat mencurigakan, anggota kita langsung membongkar terpal yang menutupi bak mobil, dan ternyata ada ratusan liter BBM bersubsidi tanpa izin,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Ia menjelaskan, ada sekitar 45 jeriken yang berisi 20 liter yang dimuat di mobil pikap Grand Max warna silver dengan Nopol KT8461GE yang dibawa pelaku dari Tanjung Redeb. BBM tersebut rencananya akan dijual kembali kepada masyarakat untuk kemudian diecerkan. Dari keterangan tersangka, BBM tersebut didapatkan dari sejumlah SPBU yang ada di sekitar Tanjung Redeb.

“Jumlah keseluruhan ada sekitar 900 Liter. Pengakuan tersangka, BBM itu untuk dijual ke kios-kios di Kecamatan Talisayan,” ujarnya.
 
Guna menindaklanjuti tangkapan tersebut, pihaknya kemudian mengamankan tersangka beserta barang  bukti ratusan liter BBM ke Mapolsek Talisayan, guna pemeriksaan lebih lanjut. Disamping itu, Amin yang juga merupakan warga RT 05 Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan, terpaksa harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, lantaran telah melanggar pasal 55, dan atau pasal 53 huruf (b) UU RI Nomor 22/2001 tentang minyak dan gas (Migas). Untuk mengantisipasi peristiwa terulang kembali, pihaknya akan rutin melakukan patroli di wilayah hukumnya.

“Tegas saya katakan, siapapun pelakunya akan kita tindak tegas dan dikenakan hukum yang sesuai,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia