2 Bulan Keluar Penjara, Residivis Dibekuk Lagi

TANJUNG REDEB - Seorang residivis bernama Jamaluddin (40) warga Jalan Bujangga, berhasil di bekuk anggota Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Berau di Jalan Pulau Panjang, Kelurahan Tanjung Redeb sekitar pukul 01.30 Wita, Minggu (29/5/16) dinihari tadi.

Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Andreas Nurcahyo Wibowo melalui Kaur Bin Ops Iptu Suwarno mengatakan, pelaku diamankan atas kasus pencurian sejumlah uang dan barang berharga lain milik korbannya di 2 Tempat Kejadian Perkata (TKP) beberapa waktu lalu, yakni di Jalan HARM Ayoeb dan Jalan Gatot Subroto Gang Jeruk.

“Beberapa waktu lalu kita dapat laporan terkait adanya pencurian di dua TKP tersebut, selanjutnya tim melakukan pengembangan dan menyelidiki melalui CCTV yang terpasang di rumah tetangga korban,” ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (29/5/16) dinihari.

Dikatakannya, setelah mendapatkan ciri-ciri dan dan identitas pelaku, tim langsung melakukan pengembangan dan berhasil meringkus pelaku saat berada di Jalan Pulau Panjang. Setelah dilakukan penangkapan, selanjutnya pelaku langsung diamankan ke Mapolres Berau.

“Setelah pelaku berada di pinggir Jalan Pulau Panjang, tim langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku dan kemudian pelaku langsung digelandang ke Mapolres Berau untuk diperiksa,” bebernya.

Dari pengakuan sementara pelaku, dia terlebih dahulu melakukan pencurian di Jalan HARM Ayoeb dan mendapatkan senjumlah uang, 1 buah Handphone dan 1 buah laptop. Sementara di TKP kedua di Jalan Gatot Subroto Gang Jeruk, pelaku berhasil mengambil uang Rp13 juta dan 1 unit handphone.

“Saat ini hanya 1 unit HP saya yang ada ditangan pelaku sebagai barang bukti, untuk uang digunakan pelaku untuk membeli sebuah motor jenis Yamaha Mio Soul KT 2740 GP dengan harga sekitar Rp12 Juta. Sedangkan barang bukti lainnya masih diselidiki,” terangnya.

Hingga saat ini pelaku masih diperiksa oleh tim Polres Berau terkait barang bukti lain. Selain itu, dikhawatirkan ada oknum lain yang mungkin ikut terlibat atau satu jaringan dengan pelaku ini.

“Dia ini residivis, baru 2 bulan lalu keluar dari penjara atas kasus yang sama, dan sekarang tertangkap lagi. Kami juga masih lakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap pelaku terkait kasus ini,” pungkasnya.(dws)