Waspada Aksi Penipu Jelang Lebaran

TANJUNG REDEB – Kepolisian Resort  (Polres) Berau, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai semua bentuk penipuan yang bisa dilancarkan pihak tak bertanggung jawab. Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Wakapolres Kompol Agus Siswanto, menyebutkan banyak modus penipuan yang terjadi belakangan ini. Apalagi menjelang lebaran seperti saat ini, oknum-oknum penipu biasanya sengaja memanfaatkan momen.

Dari sejumlah temuan lapangan, terakhir ada modus lama yang kembali dilancarkan pelaku. Yakni dengan sengaja menaruhkan map tertutup berisikan cek senilai miliaran dan surat keterangan izin usaha atas nama seorang pengusaha. Selain itu juga terdapat nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mengembalikan dokumen tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar, jika ada yang menemukan dan menelpon, maka penelpon atau calon korban diiming-imingi imbalan besar, namun terlebih dahulu diarahkan menyerahkan sejumlah uang.

“Mewaspadai segala bentuk cara dan trik pelaku penipuan penting dan harus paham, jika menemukan yang seperti itu lebih baik diabaikan. Sebelumnya juga sempat ada temuan kupon berhadiah yang ditemukan dalam produk kemasan,” jelasnya.

Bahkan, Satreskrim Polres Berau sempat mengamankan oknum yang kedapatan menyimpan puluhan kupon tersebut. Menurut Agus, juga terdapat banyak modus-modus lainnya yang biasanya dilancarkan untuk menjerat korban. Apalagi ditengah kesibukan masyarakat untuk mempersiapkan hari raya Idul Fitri seperti saat ini, oknum-oknum pelaku semakin gencar beraksi.

“Masyarakat Berau harus selalu wasapda terhadap modus lama penipuan kupon berhadiah, Sebab, tidak menutup kemungkinan ada saja warga yang belum tahu modus seperti ini,” tambahnya.

Selain mengimbau, Agus juga mengajak kepada warga yang mengetahui, untuk melapor atau mengingatkan kepada warga lainnya, termasuk konfirmasi lebih lanjut kepada pihak berwajib atau perusahaan.(dws)