Terkait Ijazah Sa’ga, Polres Sudah Terima Surat Keterangan dari Provinsi

 

TANJUNG REDEB – Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengembangan terkait laporan dari Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) atas dugaan ijazah tak terdaftar yang dimiliki Sa’ga, Wakil Ketua DPRD Berau.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Kasat Reskrim, AKP Damus Asa mengatakan, saat menerima laporan tersebut, pihak kepolisian sudah mengkonfirmasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim, sehingga keluar surat keterangan dari Disdikbud Kaltim pada tanggal 2 Februari 2017 lalu.

"Setelah menerima laporan, kemarin kami sudah langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan hingga ke Disdikbud Provinsi itu," ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (06/02/2017).

BACA JUGA : Klarifikasi ke Provinsi, Ini yang Didapatkan Sa’ga

Dikatakannya, meski sudah mendapatkan surat keterangan dari Provinsi guna menguatkan apakah ijazah terlapor terdaftar atau tidak, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan ke Provinsi guna melengkapi pemeriksaan pihak-pihak terkait. Sedangkan untuk terlapor sendiri dalam waktu dekat juga akan dilakukan pemeriksaan.

"Kalau keterangan dari Provinsi bisa tertulis, tapi kami tetap akan lakukan pemeriksaan ke sana guna melengkapi pemeriksaan atas pihak-pihak terkait," jelasnya.

Selain itu, jika dalam pemeriksaan ke depan pihak terlapor dinyatakan tidak bersalah atau ternyata ijazah yang dimiliki sah dan terdaftar, maka jelas penyidikan atas kasus ini akan dihentikan dan dikeluarkan surat penghentian penyidikan.

"Jelasnya saat ini kami tinggal melakukan pemeriksaan terhadap terlapor untuk mengklarifikasi laporan yang masuk ke Polres Berau," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia