Tanah Tergerus, Badan Jalan Mulai Berlubang

 

SEGAH – Hujan yang mengguyur Kabupaten Berau beberapa hari terakhir membuat volume air di sejumlah sungai meningkat, bahkan meluap hingga badan jalan. Seperti jalan poros di Kampung Harapan Jaya yang tergerus karena luapan air sungai dan membuat sejumlah kendaraan harus ekstra hati-hati.

Kepolres Segah, IPTU Budi Witikno mengatakan, badan jalan di lokasi tersebut memang berada di atas sungai. Untuk menyeberangi sungai, pondasi badan jalan sekitar 2,5 meter tersebut menggunakan kayu log sebelum ditimbun dengan tanah.

"Di bawah jalan itu sungai, jadi pondasinya hanya kayu. Karena airnya naik, jadi tanahnya tergerus dan membuat lubang dengan diameter sekitar setengah meter," ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (04/02/2017).

Dikatakannya, pengendara yang melintas terpaksa menuntun kendaraannya dan bahkan harus mengangkatnya dengan bantuan warga sekitar. Jika tidak seperti itu, bisa jadi kendaraan terperosok hingga ke dalam sungai.

"Beberapa anggota Polsek Segah melakukan pengawasan di lokasi itu, khawatir kendaraan yang nekat melintas terperosok ke dalam lubang yang ada, karena arus cukup deras dan berpotensi membuat lubang semakin besar," tambahnya.

Untuk kendaraan roda empat sementara ini terpaksa dialihkan terlebih dahulu. Khawatir akan ambles di daerah tersebut dan akan dipersilahkan melintas saat kondisi air sudah mulai surut, agar pengendara bisa melihat kondisi atau posisi lubang yang ada.

"Sebenarnya bisa, tapi rawan, jadi lebih baik menunggu air surut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia