Dua Rumah Ludes Dilahap Si Jago Merah

 

GUNUNG TABUR – Sekitar pukul 03.00 Wita, Rabu (25/01/2017) dini hari, warga Kampung Birang, Kecamatan Gunung Tabur dikagetkan dengan terbakarnya dua unit rumah di RT 1. Api dengan cepat melahap bangunan karena terbuat dari kayu.

Menurut salah seorang warga, Nur mengatakan, api pertama kali muncul di kios milik Ramli. Api yang sudah mulai membesar dengan cepat melahap satu bangunan lain yang ada di sebelah kios Ramli.

"Bangunan yang di samping kios Ramli itu kios Alhamdi, dan di dalam ada bensin dan minyak tanah. Itu juga yang memicu api cepat membesar," ungkapnya kepada beraunews.com.

 

Dikatakannya, awalnya ia mencium aroma gosong dan merasa gerah kepanasan. Saat itu ia keluar rumah dan melihat api sudah membesar di kios Ramli dan ia langsung berteriak minta tolong. Warga yang juga mulai keluar langsung berupaya memadamkan api.

"Saat kejadian itu memang dalam posisi pemadaman. Saya tidak mendengar adanya ledakan, hanya bau gosong saja," tambahnya.

Api yang berkobar baru bisa dijinakkan sekitar pukul 05.00 Wita setelah 4 unit mobil PMK datang dibantu dengan mobil pemadam dari perusahaan tambang yang ada di sekitar Kampung Birang.

 

Terpisah, Kapolsek Gunung Tabur, AKP Sujarwanto mengatakan, kebakaran yang terjadi menghanguskan dua rumah dan satu rumah yang terbakar atapnya. Sumber api sendiri saat ini diduga karena arus pendek.

"Itu masih dugaan sementara, tapi kami masih mendalami juga. Untuk kerugian saat ini diperkirakan Rp600 juta, karena selain rumah dan isinya, 3 unit roda dua juga ikut ludes terbakar," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia