Punya 22 Gram Sabu, Nelayan Dibekuk Polisi

 

PULAU DERAWAN – Polsek Pulau Derawan bekerjasama dengan Polsek Gunung Tabur berhasil meringkus seorang nelayan pemilik narkotika golongan I Jenis Sabu-sabu berinisial AR (33) warga Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan sekitar pukul 16.30 Wita, Selasa (17/01/2017) kemarin. Selain pelaku, polisi juga berhasil menyita barang bukti 1 poket sabu ukuran besar dengan berat sekitar 22,12 gram.

Kapolsek Pulau Derawan, AKP Nurbianto mengatakan, pengungkapan peredaran narkotika ini bermula dari informasi masyarakat. Selanjutnya, polisi langsung melakukan pengembangan terhadap pelaku.

Setelah mengetahui identitas target operasinya. Polisi langsung melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan pelaku di jalan. Namun, saat itu polisi belum menemukan adanya barang bukti pada korban.

"Saat kami amankan, barang buktinya tidak ada. Setelah diinterogasi awal, ia mengaku barang bukti ada di rumahnya," tuturnya kepada beraunews.com, Rabu (18/01/2017).

Setelah dilakukan pengembangan ke rumah pelaku, polisi berhasil menemukan 1 poket besar sabu, yang disimpan di bawah karpet ruang tamu pelaku. Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Mapolsek Pulau Derawan.

Menurut keterangan sementara dari pelaku, barang tersebut didapat dari luar Kabupaten Berau. Atas informasi itulah, kepolisian juga sedang melakukan pengembangan mengantisipasi adanya pelaku lain atau jaringan pelaku.

Atas perbuatannya, pelaku terancam pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika, yang menyatakan setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I atau setiap orang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika, diancam dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia