Guru Cabul Jadi Tersangka

 

TANJUNG REDEB – Oknum Guru berinisial A (48) warga Kampung Kasai, Kecamatan Pulau Derawan yang sebelumnya diduga melakukan aksi pencabulan terhadap muridnya, kini ditetapkan sebagai tersangka. A ditetapkan sebagai tersangka karena memenuhi unsur tindak pidana atas tindakan yang dilakukan kepada muridnya.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Damus Asa mengatakan, kasus pencabulan yang dilakukan oleh oknum guru itu, saat ini ditangani oleh Polres Berau dan Polsek Pulau Derawan.

"Untuk pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka," ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (14/01/2017).

BACA JUGA : Murid Kelas 2 SD Dicabuli Gurunya?

Dikatakannya, dari pengakuan A sementara ini, ia mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencabulan tersebut. Namun, pihak kepolisian terus melakukan pengembangan karena dikhawatirkan ada korban lainnya, yang mungkin tidak berani berbicara dengan orang tua mereka.

Damus menambahkan, hal seperti ini biasanya menjadi penyakit (Pedofilia-gangguan kejiwaan pada orang dewasa atau remaja yang telah mulai dewasa (pribadi dengan usia 16 atau lebih tua) biasanya ditandai dengan suatu kepentingan seksual primer atau eksklusif pada anak prapuber (umumnya usia 13 tahun atau lebih muda, walaupun pubertas dapat bervariasi), yang dialami si pelaku. Jika memang ada korban lainnya juga nanti, maka kemungkinan si pelaku akan dilakukan pemeriksaan terkait kesehatan atau kejiwaannya.

"Yang jelas kami juga masih cari informasi lagi terkait keterlibatan korban lainnya," terangnya.

BACA JUGA : Ini Tanggapan Sekda Terkait Oknum Guru Diduga Cabul

Damus berharap, jika memang ada korban lain yang mengalami hal serupa, agar bisa melaporkan kepada pihak kepolisian, baik Polsek Pulau Derawan maupun Polres Berau. Dan pihaknya menjamin kerahasiaan korban atau pelapornya.

"Jangan sampai ada korban lain tapi belum berani ngomong," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia