Rumah Beserta Isinya Habis Diamuk Si Jago Merah

 

BIATAN – Satu rumah beserta isinya di RT 1 Kampung Biatan Ilir, habis dilalap si jago merah. Rumah berukuran 4 x 10 meter ini tak dapat diselamatkan. Kerugian ditaksir berkisar ratusan jutaan rupiah.

Pemilik rumah, H Maali, mengalami kerugian cukup besar lantaran tak hanya 1 unit bangunan rumah, tetapi ada juga 1 unit kendaraan roda dua, alat pertanian berupa 3 unit alat semprot dan 1 unit mesin dros (perontok) padi, hasil panen berupa 7 karung besar dan 5 karung kacang tanah, 1 unit chainshaw, dan uang kelompok tani sebesar Rp1,2 juta, ikut ludes terbakar.

Informasi yang dihimpun beraunews.com di lapangan, diperkirakan kejadian terjadi sekitar pukul 23.00 malam, Rabu (11/01/2017). Sebab kebakaran juga belum diketahui karena pada saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, ditinggal pemilik rumah menonton TV di tempat keluarganya.

Kepala Kampung Biatan Ilir, Abdul Hafid saat mendampingi Sekretaris Camat Biatan meninjau lokasi kebakaran ini juga menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang menimpa salah satu warganya ini, dan berharap kedepannya kejadian seperti ini dapat dihindari.

“Kebakaran ini adalah yang pertama terjadi selama saya menjabat sebagai kepala kampung. Ke depan, kami berupaya menanggulangi kejadian ini agar tidak terulang. Kita akan coba konsultasikan dengan pihak kecamatan tentang langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan kedepannya,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (12/01/2017).

 

Sekretaris Kecamatan Biatan, Hasmawi berharap kampung-kampung yang ada di Biatan menyiapkan perlengkapan pemadam sederhana, agar bila terjadi musibah kebakaran dapat mengurangi kerugian dan mencegah merembet atau meluasnya kebakaran itu.

“Dalam jangka panjang, kami dari kecamatan akan mengusulkan unit pemadam kebakaran seperti yang dimiliki oleh Kecamatan Tabalar sekarang. Namun saya berharap pemerintah kampung juga dalam jangka pendek menyiapkan alat pemadam sederhana guna menanggulangi kejadian seperti ini terulang lagi,” ungkapnya.(bnc)

Citizen Jurnalis : Ade Soetera CVB/Editor: R. Amelia