Perpanjangan STNK Wajib Perlihatkan KTP Asli Sesuai STNK

 

TANJUNG REDEB – Untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pihak Samsat meminta masyarakat atau pemilik kendaraan untuk membawa KTP asli, guna memastikan identitas pemilik kendaraan.

Kasat Lantas Polres Berau, AKP Wisnu Dian Ristanto mengatakan, saat ini tidak bisa pengurusan perpanjangan STNK hanya menggunakan, atau melampirkan fotocopy STNK dan KTP saja. Namun, harus menggunakan KTP asli guna mengantisipasi adanya kendaraan hasil curanmor.

"Ya memang sekarang kami minta pemilik kendaraan memperlihatkan identitas aslinya. Agar kami tahu bahwa kendaraan tersebut sesuai dengan pemiliknya," ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (08/01/2017).

BACA JUGA : Pajak Kendaraan Tidak Naik, Tapi Ini yang Naik

Dikatakannya, jika pengendara atau pemilik kendaraan membeli motor bekas di showroom, sebaiknya langsung diganti nama kepemilikan atas kendaraan tersebut. Di showroom juga biasanya sudah dilampirkan surat jual beli dan fotocopy pemilik kendaraan sebelumnya.

"Kalau seperti itu, langsung ganti namanya saja. Jadi mengurusnya lebih mudah karena sesuai dengan identitas pemilik baru kendaraan tersebut," tambahnya.

Selain itu, jika pemilik kendaraan ingin memperpanjang masa berlaku STNK dan TNKB, maka wajib membawa BPKB asli kendaraan. Hal ini untuk memastikan jika fisik kendaraan dan mesin, sesuai dengan nomor yang tercantum pada buku.

"Kalau STNK saja, sekarang banyak pengendara yang menyimpan STNK mereka di dalam jok. Itu yang kami khawatirkan karena akan mudah bagi para pelaku, untuk memperpanjang masa berlaku kendaraan curian mereka nantinya," terangnya.

Wisnu berharap, masyarakat khususnya para pengendara kendaraan, agar menaati prosedur yang ada saat ini, demi kelancaran dan keamanan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami harap, ikuti prosedur yang ada. Jika memang memiliki kendaraan tidak mengunakan nama pribadi, segera dirubah agar lebih mudah mengurus administrasi kendaraannya," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia